UniqMag
ad

Peringati Hari Kelahirannya, Brimob Gelar Teatrikal Perjuangan Polri di Surabaya

berita terkini
Teatrikal perjuang Polri dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Jalan raya sekitar Monumen perjuangan Polri Surabaya pagi tadi terlihat berbeda dari biasanya, gambaran perjuangan anggota Polisi yang baru saja diproklamirkan menjadi Polisi Republik Indonesia (PRI atau Polri) oleh komandan Polisi istimewa Surabaya M. Yasin dalam merebut kemerdekaan dari tangan tentara Jepang dan Inggris kala itu dimainkan dalam adegan teatrikal oleh anggota Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur.

Usai digelar teatrikal, juga digelar balap sepeda tour de java dari Surabaya hingga ke kelapa dua Jakarta. Rombongan dilepas keberangkatannya oleh Wakil Komandan Brimob Polri Brigjen Pol. Irianto didampingi Wakil Kepala Polda Jatim Brigjen Pol. Awan Samoedra.

"Dari Aceh hingga Papua ini dilakukan serentak, untuk yang di Jawa timur start kita lakukan di tugu sekitar jalan polisi istimewa ini secara beranting hingga finish di Mako Brimob kelapa dua (Jakarta). Dan setiap Polda itu melewati rute-rute perjuangan Kepolisian Republik Indonesia," terang Brigjen Pol. Irianto usai melepas rombongan balap sepeda tour de java, Minggu (05/11)

Setelah itu, sejumlah prajurit Brimob melakukan napak tilas perjuangan Brimob dengan berjalan kaki menuju Markas Komando Brimob yang ada di Madiun secara beranting.

Balap sepeda tour de java menurutnya selain menyehatkan juga sebagai sarana nguri-nguri sejarah," Jas Merah, jangan sampai melupakan sejarah, untuk itu dengan olahraga yang murah ini kita juga nguri-nguri sejarah disepanjang rute perjalanan nanti," lanjutnya.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan hari ulang tahun ke 72 korps Brimob Polri yang dilakukan serentak di seluruh Polda se Indonesia.


Reporter : Mokhamad Dofir
Editor : Puji SN
ad
Berita Sebelumnya Ulama Jember : Selain Panglima Santri, Cak Imin Layak Jadi Wapres
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda