UniqMag
ad

Warga Miskin Silo Jember, Masih Tempati Rutilahu 'Hampir Roboh'

berita terkini
Rumah Buk Nija (67), Dusun Parebalan RT 02 RW 19 Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember saat Relawan melakukan kunjungan Foto : Maz Imam
ad

JEMBER - Buk Marija nama panggilannya, berusia sekitar 67 tahun, tinggal di Dusun Parebalan RT 02 RW 19 Desa Karangharjo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, harus tinggal dirumah sangat tidak layak huni seorang diri tanpa saudara.

Ibu tua renta tersebut menempati sebuah rumah miskin sangat memperihatinkan, selain terbuat dari anyaman bambu, kondisinya sudah reot dan reng penyangga genting sudah berjatuhan dari langit-lagit, ditambah lantai juga masih terbuat dari tanah.

Tak bisa dibayangkan, ketika musim penghujan dan angin, hal tersebut diketahui  ketika salah satu Relawan Sugeng Riadi mengunjungi rumah tersebut.

Dikatakan Sugeng (45) salah satu relawan jember timur, setelah menyakan kepada warga sekitar, kalau Buk Marija memang tidak punya sanak saudara, dan makan setiap harinya juga tidak menentu.

"Ini adalah salah satu potret kemiskinan kita, tak perlu mencari kambing hitam siapa yang patut disalahkan, yang penting kita cari jalan keluarnya," katanya saat dikonfirmasi wartawan (30/07).


Dikatakan Sugeng, seketika itu juga sesama Relawan langsung spontan mengumpulkan bantuan seiklasnya dari sesama relawan.

"Kami akan melakukan perbaikan bersama pemerintah setempat, untuk memperbaiki rumah tidak layak huni ini, khawatir kalau ada hujan dan angin bisa mengancam keselamatan ibu itu sendiri," tuturnya.


Mendengar informasi tersebut, pihak kecamatan langsung turun bersama dinas terkait, langsung melakukan koordinasi untuk menyigapi  persoalan tersebut.

"Tentu bersama Dinsos dan aparat setempat, membawa bantuan peralatan dapur dan sembako, Ibu tersebut sudah masuk proggram rumah tidak layak huni, semoga dalam waktu dekat terealisasi," tutur Ir. Rofik Sugiarto selaku Camat Silo.

Rofik juga berharap, dengan program rumah tidak layak huni yang sebentarlagi akan turun, bisa mengurangi keberadaan rumah tak layak khususnya di Kecamatan Silo.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Begini Sejarah Penamaan Air Terjun 'Damar Wulan' Jember
Berita Selanjutnya Relawan Sahabat Peduli Rakyat Pamekasan Kunjungi Kakek Senneng

Komentar Anda