UniqMag
ad

Brantas Buta Aksara, Babinsa Gedangmas Koramil 0821/07 Randuagung Jadi Guru Masyarakat

berita terkini
Serka Julianto saat mengajar
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam upaya memberantas buta aksara, Babinsa Gedangmas Koramil 0821/07 Randuagung memberikan pelajaran baca tulis kepada 20 orang warga desa binaannya yang bertempat di Balai Desa Gedangmas Kecamatan Randuagung, Senin (13/11).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Gedangmas Serka Julianto mengatakan bahwa TNI tidak hanya memiliki fungsi untuk menjaga kedaulatan negara saja, namun di sisi lain, TNI juga memiliki tugas membantu pemerintah daerah dalam program dan bidang pembangunan diantaranya program pendidikan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pemberantasan buta aksara juga merupakan salah satu upaya menjaga kedaulatan negara dengan meningkatkan sumber daya manusia,  karena bila banyak masyarakat yang belum bisa baca tulis maka ilmu dan pengetahuan akan rendah dan dapat mempengaruhi SDM suatu bangsa, jika demikian maka akan rentan terhadap pengaruh paham-paham yang menyimpang dari Pancasila,” jelasnya. 

Serka Julianto juga menambahkan bila masalah buta aksara di wilayah tidak dapat ditangani secara kontinyu, maka  didalam masyarakat dapat mempengaruhi pola berpikirnya.

"Bagaimanapun juga orang yang memiliki ilmu dan pengetahuan akan memiliki cara berpikir yang lebih bijaksana dalam memutuskan segala sesuatunya, penuh perhitungan dan pertimbangan yang lebih matang sebelum bertindak," tambahnya.

“Semoga dengan adanya program pemberantasan buta aksara ini pola pikir masyarakat dapat mengentaskan masyarakat yang selama ini masih belum bisa baca tulis semakin berkurang sekaligus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” harap Serka Julianto.

Sedangkan Suyud Sugianto Kepala Desa setempat mengatakan bahwa kegiatan pemberantasan buta aksara di Desa Gedangmas ini dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yaitu hari Senin dan Jum’at mulai pukul 18.00 WIB yang bertempat di Balai Desa Gedangmas.

"Untuk sementara saat ini ebanyak 20 orang yang tergabung dalam Kelompok PKBM Al Amin mengikuti kegiatan ini dan diharapkan ke depan makin banyak minat dari warga untuk bergabung dan mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran aktif babinsa dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini, semoga ke depan masyarakat Desa Gedangmas dapat lebih berkualitas dan meningkat kesejahteraannya demi kemajuan Desa Gedangmas yang lebih baik,” pungas Kades.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Tembok Pagar Depan SDN Cumedak 02 Jember Ambruk
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda