UniqMag
ad

Koramil 0821/20 Padang Dampingi Pertemuan dan Panen Bersama Dengan Gapoktan

berita terkini
Suasana saat Pertemuan dan Panen Bersama Dengan Gapoktan
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Upaya untuk meningkatkan hasil pertanian guna menunjang program pemerintah dibidang ketahanan pangan terus dilakukan oleh TNI AD yang merupakan program dari pemerintah untuk melakukan pendampingan. Menidaklanjuti dari program yang selama ini sudah berjalan Koramil 0821/20 Padang bersama instansi terkait menggelar pertemuan lapangan , Selasa (14/11).

Acara yang diselenggarakan dirumah Toha salah satu warga anggota kelompok tani Jaya Makmur dihadiri oleh Dinas Pertanian, unsur Forkopimka Padang, UPT pertanian, Biro pusat Statistik dan anggota kelompok tani membahas tentang pola tanam dengan menggunakan sistem Hazton.

Disampaikan oleh Sujono, Kepala Bidang Tanaman Pangan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Hazton merupakan teknik penanaman padi yang menggunakan bibit 20-30 batang per lubang tanam, teknologi budidaya Hazton pada tanaman padi dengan penggunaan bibit berumur 25-30 hari setelah persemaian.

"Keunggulan dengan menerapkan teknik Hazton antara lain produksi panen berlipat, penanamannya mudah, tanaman cepat beradaptasi dan tidak mudah stres, tahan terhadap hama keong mas dan orong orong karena menggunakan bibit tua yang sudah berumur 30-35 hari, meminimalisir penyulaman dan penyiangan, umur panen lebih cepat, mutu gabah tinggi dan berkualitas, serta menghasilkan beras berkualitas tinggi, yang artinya hasilnya berton-ton sehingga disebut metode Hazton," jelasnya.

"Namun sistem seperti ini juga memiliki kelemahan lantaran memerlukan tambahan benih dari biasanya karena benih yang diperlukan untuk teknik seperti akan lebih banyak menggunakan benih dibandingkan dengan sistem yang biasa dipakai oleh para petani, akan tetapi secara umum teknik hazton lebih unggul dalam peningkatan produksi dan kualitasnya," pungkas Sujono.

Ditambahkan juga oleh Danramil 0821/20 Padang Kapten Inf Budi Purwanto, bahwa kegiatan seperti ini sangatlah penting bagi para petani, banyak manfaat yang diambil untuk selanjutnya diaplikasikan dilahan pertanian, karena ini merupakan inovasi dan terobosan baru bidang pertanian yang dianggap paling efisien dan bisa mencapai hasil produksi panen yang maksimal.

"Pihak TNI dalam hal ini Koramil Padang melalui masing-masing Babinsa akan selalu siap memberikan pendampingan dengan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak terkait mencari solusi yang mudah bagi warga masyarakat khususnya para petani guna mendukung peningkatan hasil pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani serta demi suksesnya program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan," pungkasnya.

Selesai acara temu lapangan semua peserta yang hadir menuju lokasi persawahan untuk melihat secara langsung dan melaksanakan panen bersama dilahan milik kelompok tani Jaya Makmur dari pola tanam dengan sistem menggunakan teknik hazton.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Personil Koramil 0821/07 Randuagung Bantu Warga Bangun Talud Jalan
Berita Selanjutnya Puting Beliung 'Ngamuk', Puluhan Rumah Warga Sumenep Hancur

Komentar Anda