UniqMag
jamu

Tunjang Produksi Pertanian, Danramil 0821/09 Candipuro Lumajang Hadiri Pembangunan DAM Irigasi HIPPA

berita terkini
Danramil saat hendak letakkan batu pondasi
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Dalam upaya meningkatkan hasil pertanian di Desa Tambahrejo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, pembangunan irigasi HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) direalisasikan oleh dinas terkait yang membidangi program pemerintah dibidang ketahanan pangan Nasional, Minggu (19/11).

Pembangunan sarana irigasi pertanian ini bertujuan untuk menunjang kebutuhan pengairan bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Makmur, kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil 0821/09 Candipuro beserta para anggota, PPL dan Ketua kelompok Tani Makmur beserta pengurus dan anggota desa setempat.

Disampaikan oleh Mudofir, Ketua Hippa kelompok Tani Makmur Desa Tambahrejo bahwa pembangunan dam irigasi ini dimaksudkan sebagai pengontrol pembagian dan pendistribusian pengairan ke lahan petani sehingga suplai air yang diperlukan oleh para petani bisa tercukupi dengan baik.

"Dam irigasi Hippa ini dibangun dengan diameter 10 meter yang akan menampung debit air dan  mengatur suplai air untuk lahan pertanian seluas 633,04 hektar," jelasnya.

"Diharapkan dengan dibangunnya dam irigasi ini, kontrol dan pembagian aliran air ke lahan pertanian menjadi lancar dan adil sehingga petani dapat memenuhi kebutuhan air yang diperlukan oleh tanaman, dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi normal yang tentunya dapat meningkatkan produksi panen sesuai dengan harapan para petani," harap Mudofir.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 0821/09 Candipuro kapten Inf Sujono mengatakan, bahwa pembangunan dam irigasi melalui sistem Hippa ini dimaksudkan sebagai kontrol pendistribusian air ke lahan pertanian secara merata.

"Selain itu proyek ini sebagai sarana untuk menunjang dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah khususnya di wilayah Kecamatan Candipuro," tambahnya.

"Para Babinsa sebagai pendamping pertanian akan selalu siap membantu dan mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian demi terwujudnya kesejahteraan petani serta suksesnya ketahanan pangan nasional," pungkas Danramil.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Ini Harapan Ketua UKM Car Free Day Pamekasan Kepada Kholilurrohman Jika Menjabat Bupati
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda