UniqMag
jamu

Sejumlah Korban Bencana Pacitan Perlu Perawatan Ekstra dari Tenaga Medis

berita terkini
Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, dr Eko Budiono
ad

PACITAN, (suarajatimpost.com) - Jumlah korban terdampak bencana banjir dan longsor yang perlu mendapat pelayanan ekstra di Kabupaten Pacitan melonjak tinggi.

Dari data yang masuk ke Posko utama pelayanan kesehatan  penanggulangan bencana, ada sebanyak 3543 jiwa terhitung dari tanggal 28 November hingga 05 Desember yang membutuhkan pelayanan kesehatan ekstra.

Penyakit yang banyak diderita adalah penyakit kulit sebanyak 1579 jiwa, penyakit ISPA menjadi urutan kedua dengan jumlah 589 jiwa, sedangkan  untuk jenis pelayanan paling sedikit adalah patah tulang sebanyak dua jiwa dan ibu hamil dua jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, dr Eko Budiono menjelaskan bahwa para korban sakit yang dilayani posko bantuan kesehatan rata-rata berumur 26 tahun hingga 45 tahun.

"Adapun jumlah posko utama sebanyak satu tempat dan dibantu posko pelayanan hampir di setiap desa dan kelurahan yang ada," jelasnya.

Sedangkan untuk waktu pelayanan di buka 24 jam nonstop tercatat berlangsung  hingga tanggal 11 desember sesuai SK tanggap darurat  Bupati Pacitan

"Untuk jumlah tenaga medis yang di kerahkan beserta jumlah bantuan tenaga dari RS swasta dan kabupaten Tetangga masih belum tercatat secara lengkap, kamk belum selesai mencatat secara adminitrasi, maka sampai saat ini  kami mohon maaf belum bisa menyampaikan besaran jumlah tenaga medis yang masuk ke wilayah Pacitan," imbuhnya.

Dikatan oleh dr Eko bahwa pihaknya akan tetap memantau data masuk dan keluar, terutama untuk stok alat alat kesehatan dan obat obatan hingga saat ini masih di titik cukup.

"Walaupun ada lonjakan dan saya perkirakan masih ada di titik aman hingga masa tanggap darurat 11 september selesai," pugkasnya.

Reporter : Danur
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Diprotes, Patung Kontroversial di Surabaya Barat Sudah Ditutupi
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda