UniqMag
jamu

Jelang Natal dan Tahun Baru, Bea Cukai Juanda Surabaya Tingkatkan Pengawasan

berita terkini
Kepala KPPBC TMP Juanda saat ditemui dikantornya, Rabu (06/12).
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Jelang natal 2017 dan tahun baru 2018 jumlah penumpang di bandara Juanda Surabaya mengalami peningkatan, resiko penyelundupan barang terlarang terutama narkoba diprediksi juga meningkat.

Untuk mengantisipasinya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Juanda, akan meningkatkan pengawasan lalu lintas barang dan orang di bandara tersebut.

"Tren di akhir tahun ada peningkatan (penumpang), tentunya kewaspadaan tetap harus kita jaga. Dalam arti pengawasan harus lebih intens," jelas kepala KPPBC TMP Juanda Budi Harijanto saat ditemui dikantornya, Rabu (06/12).

Agar pemeriksaan juga tidak mengganggu kelancaran arus penumpang saat melalui tahap pemeriksaan, pihaknya akan menerapkan pola targeting.

"Kita akan perkuat sistem, data analisisnya diperkuat. Bekerja sama dengan bea cukai lain untuk saling bertukar data. Hal ini terkait dengan targeting terutama untuk (penyelundupan) narkotika. Penumpang-penumpang yang memiliki profil kesitu, itulah yang akan lebih kita atensi," tutur pejabat yang pernah bertugas di bandara Ngurah Rai Denpasar Bali ini.

Budi menegaskan, bahwa yang mendapat perhatian serius dari jajarannya hingga saat ini adalah penyelundupan narkoba.

"Tetap narkoba, yang terakhir kemarin ada kiriman tanpa penerima. Tapi tidak terlalu banyak cuma 10 gram," katanya.

Meski kinerja meningkat, pihaknya merasa belum perlu melakukan penambahan alat operasional serta personel pengawas di bandara.

"Tapi kita akan perbaiki alat supaya lebih optimal, yang rusak kita rekalibrasi. Petugas pengawasan kapan pun juga harus ada tentu dengan bantuan dari pihak aparat kemanan setempat," lanjutnya.

Selain karena menghadapi natal dan tahun baru, peningkatan penumpang melalui bandara Juanda terjadi setelah bandara Ngurah Rai Denpasar Bali ditutup akibat erupsi gunung agung.

Reporter : Mokhamad Dofir
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Dua Pelajar di Pantai Bangsring Banyuwangi Tenggelam, 1 Ditemukan Tewas
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda