UniqMag
jamu

Dua Warga Renta di Kepundungan Banyuwangi Ini Sumringah karena Rumahnya Sudah Layak Huni

berita terkini
Dua warga renta tersebut
ad

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Mbok Sulemi (70) dan Mak Til, (70) warga Dusun Kepundungan, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, saat ini sedang sumringah.

Bagaimana tidak, keceriaan itu mereka dapat usai rumah ‘gedhek’ rumah berdindingkan anyaman bambu yang selama ini mereka tinggali rusak berat akibat tertimpa pohon, kini sudah terbenahi.

Rumah yang semula tak layak huni itu kini sudah berdindingkan tembok beratapkan ‘asbes. Pembenahan rumah warga ini bisa dilakukan berkat kepedulian warga setempat dan kepala desa terpilih di Desa Kepundungan, terhadap keberadaan warga yang kurang mampu.

Tri Marvila Sukmana. SH., mengatakan, kedua warga itu merupakan warga renta yang patut dipedulikan, karena salah satu dari kedua warganya itu hidup sebatangkara. Saat kejadian, pihaknya langsung turun untuk membantu warga yang tertimpa musibah.

Bahkan dalam proses pembenahan, dia menggunakan dana pribadi dan bantuan dana, termasuk swadaya berupa tenaga dari warga setempat, untuk pembelian matreal dan proses pembangunan dua rumah warga yang rusak akibat tertimpa pohon waru, saat hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah setempat, bebarapa pekan lalu.

“Mbok Sulemi tinggal sebatangkara. Mak Til tinggal seorang diri, jauh dari saudaranya. Alhamdulillah berkat keguyuban warga rumah mereka dapat dibenahi dengan baik,” kata kepala desa terpilih di Desa Kepundungan, ini, Rabu (6/12).

Awalnya, rumah itu hanya diperbaiki alakadarnya saja, namun dengan kepedulian itu, rumah ‘gedhek’ ini kemudian direnovasi menggunakan batako, supaya terlihat baik dan bertahan lama.

“Ketepatan rumah mereka berjajar, jadi sekalian kita bangun secara bersamaan,” jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung keterkaitannya terpilih menjadi kepala desa, usai pelantikan pihaknya akan berusaha memaksimalkan semua program yang ada di desa, terutama dibidang  pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Peningkatan program desa akan kami maksimalkan untuk kemajuan desa,” pungkasnya.

Reporter : Yudi Irawan
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Jelang Natal dan Tahun Baru, Bea Cukai Juanda Surabaya Tingkatkan Pengawasan
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda