UniqMag
jamu

Gugatan Pengisian Perades Kedungrejo Bojonegoro Memasuki Sidang Perdana

berita terkini
Juru Bicara PN Bojonegoro, Isdariyanto,
ad

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Sidang pertama gugatan peserta ujian perangkat desa Kedungrejo kecamatan Malo digelar hari ini, Rabu (06/12).

Sidang dipimpin hakim ketua Pransis Sinaga dengan dihadiri empat tergugat, antara lain dari Tim Pengisian Perangkat Desa (TPPD) desa Kedungrejo, Khamim yang merupakan wakil dari koordinator kabupaten Bojonegoro dan pihak Universitas Semarang serta bupati Bojonegoro.

Di awal sidang, hakim menawarkan kepada pihak berperkara untuk damai.

"Mumpung kedua belah pihak ada dan berkumpul semua, maka sebaiknya kedua belah pihak mediasi dulu, terserah mediatornya mau ambil dari luar atau dari sini (Pengadilan Negeri). Kalau di luar membayar dan harus bersertifikat, tapi kalau dari sini gratis tidak usah bayar," ucap Pransis.

Dalam persidangan sempat terjadi sanggahan yang disampaikan pengacara penggugat terkait nama-nama yang mewakili tergugat, karena tidak mencantumkan CV dan kapasitasnya di tim kabupaten.

"Dalam pengisian perangkat desa tidak mencantumkan CV dan kapasitasnya di tim kabupaten. Hari ini datang hanya membawa surat tugas dari tergugat," ujar M. Sholeh selaku pengacara penggugat.

Serta merta di jawab oleh hakim bahwa tergugat jelas jabatan dan kedudukannya.

Sebelum sidang di tutup, hakim kemudian mengajukan tawaran mediasi pada pengugat dan tergugat.

Oleh penggugat, tawaran tersebut diserahkan kembali kepada hakim terkait siapa yang menjadi mediator.

Selanjutnya hakim persidangan pun menunjuk humas KPN Bojonegoro Isdariyanto menjadi mediator keduanya yang dilakukan secara tertutup di lantai dua.

Secara terpisah Isdariyanto mengatakan, bahwa mediasi merupakan agenda yang wajib dilalui sebelum persidangan perdata di mulai.

"Waktu mediasi ini hanya 30 hari, sampai 30 hari belum ada jawaban atau dedlock, maka mediasi bisa di perpanjang hingga 10 hari," tutur Isdariyanto.

Ia pun berharap kehadiran bagi semua pihak yang berperkara agar kasus cepat selesai.

Reporter : Mustakim
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Dua Warga Renta di Kepundungan Banyuwangi Ini Sumringah karena Rumahnya Sudah Layak Huni
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda