UniqMag
jamu

Bantu Korban Bencana Pacitan, Pemprov Jatim Gelontorkan Anggaran 100 Miliar

berita terkini
Pak De Karwo saat berkunjung ke Pacitan
ad

PACITAN, (suarajatimpost.com) -  Gubernur Jawa Timur, Soekarwo meninjau korban bencana banjir dan longsor di Pacitan.

Pak De Karwo juga meninjau langsung tempat pengungsian korban bencana.

Soekarwo mengatakan bahwa Pemprov Jatim menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk korban bencana banjir dan longsor di Pacitan. Uang tersebut untuk mengganti rumah yang rusak.

"Besaran anggaran dari provinsi akan digelontorkan  Rp 100 miliar dahulu tetapi kalau nantinya kurang saya diberikan hak untuk menulissurat kepada DPRD, untuk mengeluarkan lebih daripada jumlah itu, mendahului anggaran yang ditetapkan  akan d atang," jelas Gubernur Jatim, saat mengunjungi posko utama tanggap bencana beberapa hari yang lalu.

Rencananya menurut Soekarwo, dana tersebut akan diserahkan dalam waktu dekat ini. 

Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat 1.709 rumah terdampak longsor dan banjir. Saat ini masih dihitung berapa kebutuhan yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah yang rusak.

Senada dengan itu, TNI Angkatan Darat Korem 081/DSJ melakukan survey untuk pembangunan rumah yang rusak total akibat bencana dan ini merupakan program dari Pemprov Jawa Timur.

"Program bantuan rumah ini sudah disepakati bersama antara Gubernur Soekarwo, Pemkab Pacitan dan masyarakat di saat kunjungannya kemarin di Kabupaten Pacitan,” jelas Danrem 081/DSJ Kolonel Inf. R Sidharta Wisnu, Rabu (06/12).

Lebih lanjut ditambahkan bahwa rumah yang sudah disepakati sebanyak 440 rumah, terdiri dari rusak berat, sedang maupun rusak ringan, akan diganti sesuai hasil penghitungan tim dan jenis kerusakan.

Reporter : Danur
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Berangkat Sekolah, Seorang Pelajar di Lamongan Tewas Diseruduk Truk Tangki
Berita Selanjutnya Siaga Natal dan Tahun Baru 2018, PT PLN Area Pamekasan Gelar Apel Pasukan

Komentar Anda