UniqMag
PASANG IKLAN

Arek Jatim Sayangkan Pernyataan Sekjen PDIP Terkait Polemik Azwar Anas

berita terkini
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.Suber : metrotvnews.com
inf

BLITAR, (suarajatimpost.com) - Pernyataan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP yang menyebut "pihak sana" berada di belakang beredarnya foto asusila Bacawagub Jawa Timur Azwar Anas memancing banyak reaksi keras dari berbagai pihak, salah satunya dari Aliansi Relawan Khofifah Jawa Timur (AREK JATIM).

Kordinator AREK JATIM Robin Rohmana mengatakan pihaknya menilai pernyataan Hasto Krisyanto telah merusak tradisi politik di jatim dan berpotensi memecah belah masyarakat, khususnya masyarakat Nahdliyin di Jawa Timur.

"Kultur politik di Jawa Timur selalu mengedepankan tabayyun dan supremasi hukum. Jadi jika muncul suatu permasalahan jangan main tuduh tanpa dasar. Ini justru semakin memperkeruh suasana politik di Jatim," kata Robin kepada wartawan. Sabtu (6/1).

AREK JATIM menyayangkan pernyataan Hasto yang dinilai gegabah dan sembrono.

"Pernyataan itu dapat memicu konflik dari banyak pihak terutama partai politik diluar koalisi PKB dan PDIP," imbuhnya.

Robin menjelaskan, demokrasi yang baik, santun dan beradab harus dibangun dengan cara-cara yang baik pula. Demokrasi yang baik harus menjaga situasi agar kondusif, tidak gaduh, tidak saling serang, adu program dan mengedepankan visi misi, termasuk kampanye positif dan edukatif.

"Semua bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur adalah kader-kader terbaik Jawa Timur dan NU, kami juga sangat menyayangkan cara cara culas, diantaranya fitnah, kampanye hitam, politik uang, menyerang pihak lain, yang menodai demokrasi. Itu semua melanggar undang undang dan etika politik," jelas Robin.

Robin berharap Polisi dan Bawaslu mengusut penyebar foto asusila yang diduga sebagai bacawagub Abdullah Azwar Anas. Tak hanya itu AREK JATIM juga mengajak semua masyarakat Jatim juga terlibat aktif untuk menjaga kekondusifan pesta demokrasi di Jawa Timur.

"Kami berharap Jawa Timur menjadi barometer nasional dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang baik dan beradab. Oleh karena itu kesantunan politik yang mengedukasi sangat kami junjung tinggi," pungkasnya.

Reporter : Nanang Habibi
Editor : Ananda Putri
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Satgas TMMD Bantu Masyarakat Menyapu

Komentar Anda