UniqMag
RSUD

Penderita Gangguan Jiwa di Bondowoso Capai 526 Pasien

berita terkini
Proses pengobatan dan evakuasi penderita gangguan jiwa di Bondowoso
ad

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) - Jumlah orang dengan ganggungan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mencapai 526 jiwa dan sebanyak 6 orang masih terpasung. Jumlah tersebut diperoleh dari 21 puskesmas yang tersebar di 23 kecamatan.

Bahkan, diprediksi angka tersebut akan bertambah. Pasalnya, sampai saat ini, masih ada 4 puskesmas yang belum melampirkan jumlah ODGJ di wilayah kerjanya.

Menurut  Pasidi Shidiq, Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Bondowoso, awalnya, pihak Dinas Kesehatan hanya mengetahui jika di Bondowoso hanya ada 6 penderita saja. Namun, setelah kita turun ke lapangan, ternyata masih banyak pasien dengan ganggungan jiwa yang masih terpasung.    

“Rata-rata mereka yang dipasung, disembunyikan oleh keluarganya. Oleh karena itu, kita memberikan sosialisasi kepada pihak keluarga dan masyarakat, jika ODGJ ini jangan dipasung, disembunyikan, dan ditakuti, tapi harus disembuhkan,” tuturnya, Jumat (12/1) di ruang kerjanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, terus melakukan assesment kepada semua penderita, agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa di poli jiwa RSUD dr Koesnadi, sampai sembuh.

“Nanti setelah diassesment, semua ODGJ dan pasien pasung akan dirujuk dan mendapat pelayanan kesehatan, agar bisa diobati dan disembuhkan,” tambahnya didampingi oleh para staf di ruang kerjanya.

Untuk biaya perawatan, lanjutnya, memang tergolong sangat mahal. Karena, target minimal pasien pasung dan ODGJ ini dirawat inap di rumah sakit selama 90 hari (3 bulan), sampai sembuh dan bisa kembali diterima oleh masyarakat.

“Karena biayanya cukup besar, nanti anggarannya kami integerasikan dengan BPJS dan Dinas Sosial Provinsi. Kita di Dinas Kesehatan yang mengkoordinir dan mengedukasi masyarakat, bersama tiga pilar kecamatan,” terangnya.

Reporter : Rizki Ardian
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Pria Bertato ini Hanya Bisa Pasrah saat Ditangkap Polisi Lumajang
Berita Selanjutnya Satgaspam Lanudal Ringkus Dua Kurir Sabu di Bandara Juanda Surabaya

Komentar Anda