UniqMag
RSUD

Polri Bentuk Satgas Money Politic, Polda Jatim Kirim Daftar Personel

berita terkini
Kapolda Jatim memberi keterangan pers usai makan siang bersama dengan awak media di balai wartawan Mapolda Jatim.
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Cegah politik uang yang kerap terjadi saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berlangsung, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membentuk Satuan Tugas (Satgas) money politic yang anggotanya dari Kepolisian Daerah (Polda) se Indonesia.

Polda Jawa Timur sendiri menyatakan telah mengirimkan daftar personelnya untuk menempati tim tersebut.

"Data personel sudah kita kirimkan ke Mabes Polri. Satgas ini terpusat di Mabes. Tugasnya adalah melakukan lidik (penyelidikan) dan melakukan OTT (operasi tangkap tangan) jika memang terjadi transaksi money politic," tutur Kapolda Irjen Pol Machfud  Arifin usai makan siang bersama awak media di balai wartawan Mapolda Jatim, Jumat (12/01).

Nantinya, Satgas ini tidak hanya fokus melakukan penindakan. Namun juga melakukan penyelidikan seperti yang dilakukan tim saber pungli, "Jika lidik saja tapi tidak berlanjut (transaksi money politik) maka tidak akan dilanjutkan (proses pidananya). Namun jika tetap lanjut, maka kita OTT (Operasi Tangkap Tangan) dan kita tangkap," lanjut Kapolda.

Selanjutnya, kata jenderal bintang dua di pundak ini bahwa setelah dilakukan penyelidikan maka kasus akan diserahkan pada Tim Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu).

"Tim Gakkumdu yang akan melanjutkan prosesnya," imbuh Machfud.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jatim, Kombes Pol Agung Yudha Wibawa menambahkan, Gakkumdu terdiri dari kepolisian, kejaksaan, dan juga Bawaslu atau Panwaslu.

"Untuk waktu penyelidikan oleh satgas money politic dari temuan awal hanya diberi batas waktu tujuh hari. Jika lebih dari tujuh hari maka tidak bisa diproses," jelas Agung.

Setelah ada OTT oleh satgas, lalu tim Gakkumdu hanya memiliki waktu 14 hari untuk melanjutkan proses penyidikan. Selanjutnya, berkas penyidikan diserahkan ke kejaksaan.

Reporter : Mokhamad Dofir
Editor : Fani Wulandari
ad
Berita Sebelumnya Penderita Gangguan Jiwa di Bondowoso Capai 526 Pasien
Berita Selanjutnya Satgaspam Lanudal Ringkus Dua Kurir Sabu di Bandara Juanda Surabaya

Komentar Anda