UniqMag
RSUD

Babinsa Tompokersan Bersama Dengan Staf Kelurahan dan Puskesmas Lumajang Laksanakan PSN

berita terkini
Suasana saat kegiatan berlangsung
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Babinsa Tompokersan Koramil 0821/01 Lumajang bersama dengan Staf Kelurahan Tompokersan serta Puskesmas Lumajang melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bertempat di RW 07 Kelurahan Tompokersan Kecamatan Lumajang, Jumat (12/01).

Disampaikan oleh Lurah Tompokersan Abdilah Irsyad, S.STP., kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya dari pemerintah untuk selalu menjaga kesehatan masyarakat dan mengajak pola hidup sehat dengan perduli terhadap kesehatan lingkungan.

“Musim hujan merupakan musim yang rentan terhadap penyakit Demam Berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes aegypti karena pada musim ini perkembangbiakan nyamuk tersebut sangat pesat,” tambahnya.

“Mengingat wilayah Kelurahan Tompokersan yang luas, program ini akan kami agendakan untuk dilaksanakan terus menerus secara bertahap dengan cara bergilir secara bergantian tiap RW,” terang Irsyad.

Sementara itu Babinsa Tompokersan Serda Syaifullah dan Koptu Choirul Huda yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan peran aktif babinsa sebagai anggota TNI yang bertugas melaksanakan pembinaan wilayah dalam kegiatan seperti ini merupakan wujud kepeduan TNI terhadap kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan oleh Serda Syaifullah bahwa dalam melaksanakan pembinaan wilayah Babinsa harus bisa lebih dekat dengan warganya sehingga dapat terjalin kemanunggala TNI dengan rakyat yang semakin erat.

“Diharapkan dengan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi terwujudnya keluarga sehat di masyarakat,” harap Serda Syaifullah.

Hal serupa juga disampaikan oleh petugas Puskesmas Kabupaten Lumajang Nur Ainiyah, Amd. Keb. kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk meminimalisir penyebaran nyamuk Demam Berdarah.

“Kita terbagi menjadi beberapa tim untuk mengecek ke rumah-rumah warga terutama kamar mandi apakah ada jentik-jentik nyamuk pada bak mandinya serta mengecek llingkungan rumah warga apabila ada genangan air yang ditempati jentik nyamuk,” tambahnya.

“Apabila ditemukan di rumah maupun lingkungan rumah warga terdapat jentik-jentik nyamuk pemilik rumah langsung kami beri pengarahan tentang Demam Berdarah berikut cara penyebarannya,” pungkas Nur Ainiyah.:

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Belasan Juta Uang Sadiman Raib di Tabungan, Begini Respon BRI Ngawi 
Berita Selanjutnya Satgaspam Lanudal Ringkus Dua Kurir Sabu di Bandara Juanda Surabaya

Komentar Anda