UniqMag
Perum Bojonegoro

Perlancar Aliran Air, Personel Koramil Jatiroto Lumajang Lakukan Normalisasi Sungai

berita terkini
Suasana saat normalisasi sungai berlangsung
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Guna memperlancar aliran Sungai Sukosari, Personel Koramil 0821/12 Jatiroto bersama dengan warga Desa Sukosari melaksanakan normalisasi aliran sungai agar aliran air lebih lancar, Sabtu (10/02/2018).

Iskak Aminudin, Kepala Desa Sukosari menjelaskan bahwa Sungai Sukosari merupakan saluran irigasi skunder yang hilirnya sampai ke Dusun Sukosari RT 01 RW 02 Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto apabila meluap akan menggenangi areal persawahan dan perkebunan warga.

“Saat musim hujan sungai ini sering meluap terutama saat turun hujan deras, Sungai ini sering mendapat kiriman luapan air dari wilayah Randuagung terlebih lagi sungai ini tidak memiliki pintu air (Dam),” tambahnya.

“Bersama anggota Koramil Jatiroto dan warga sekitar, kita bersihkan Sungai Sukosari ini dari ranting pohon dan akar bambu yang dapat menahan sampah sehingga menyumbat aliran air, Semoga apa yang kita lakukan ini dapat memperlancar aliran air sehingga tidak sampai meluap dan menggenangi areal persawahan dan perkebunan warga,” tandas Iskak.

Sementara itu Bati Tuud Koramil 0821/12 Jatiroto Peltu Sukirman mengatakan secara geografis wilayah Kecamatan Jatiroto merupakan wilayah rawan banjir terutama saat musim hujan.

“Banjir sering terjadi akibat luapan air Sungai Sukosari ini, tercatat seluas 15 hektar lahan pertanian warga dan 20 hektar perkebunan tebu milik PG Jatiroto dan warga tergenang air apabila terjadi luapan air sungai,” ungkapnya.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya normalisasi Sungai Sukosari ini dapat mengurangi dampak terhadap genangan air yang berakibat pada rusaknya lahan persawahan dan perkebunan warga, selain itu juga diharapkan kerjasama antara TNI dan masyarakat dapat terjalin dengan baik dan harmonis guna lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkas Peltu Sukirman.

Reporter : Hermanto
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Angka Stunting Tinggi, Dinkes dan Desa Jampit Bondowoso Jemput Bola Melalui Pos Gizi

Komentar Anda