UniqMag
PASANG IKLAN

Koramil Yosowilangun Lumajang Aktif Berperan Bina Pramuka

berita terkini
Pelda Guntur saat lakukan pembinaan
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Guna mewujudkan kemandirian bagi generasi muda, khususnya yang tergabung dalam gerakan pramuka dari berbagai  Saka berada di wilayah, Koramil 0821/11 Yosowilangun pada kegiatan Dianpinsat yang digelar di lapangan Desa Karanganyar Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Sabtu (10/02/2018).

Danramil 0821/11 Yosowilangun Kapten Arm Aji Joyo Kumoro, pembina Pramuka Saka Wira kartika wilayah setempat mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan gabungan yang diikuti oleh Saka Wira kartika, Bhayangkara dan Bhakti Husada selama tiga hari, pembukaan dilaksanakan kemarin hari Jumat tanggal 09/02/2018 dan rencana ditutup hari Minggu (11/02/2018).

"Dengan adanya kegiatan ini, kita sudah menginstruksikan kepada personel yang sudah ditunjuk sebagai instruktur agar menyiapkan materi yang nantinya akan disajikan dalam kegiatan, upaya ini sebagai wujud kepedulian terhadap generasi muda yang patut diapresiasi dengan memiliki motivasi untuk menciptakan kreasi dan kemandirian lewat organisasi pramuka," tegasnya.

Sementara Pelda Guntur personel Koramil 0821/11 Yosowilangun selaku Instruktur mengatakan, bahwa kegiatan bagi para anggota pramuka yang mengikuti kegiatan Dianpinsat diisi dengan metode teori dan praktek lapangan, materi teori diantaranya akan dibekali wasbang sedangkan praktek lapangan berupa latihan PBB dan materi dasar ilmu pengetahuan militer tentang pionir, longmalap, navigasi darat dan beberapa materi dasar yang lainnya.

Dijelaskan oleh Pelda Guntur,  bahwa pramuka Dianpinsat artinya Gladian Pimpinan Satuan adalah salah satu bentuk pelatihan yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak yang berarti sudah lulus syarat kecakapan umum, jadi pada tahapan ini lebih mengedepankan praktek langsung. Kalau pun terpaksa ada teori, hendaknya diberikan sepraktis mungkin dan selalu diikuti dengan praktek penerapannya.

"Semoga dengan materi yang diberikan bisa menjadikan modal dan ilmu pengetahuan yang baru dibidang kepramukaan sehingga bisa dijadikan pedoman bagi pembinaan terhadap adik yuniornya sebagai generasi baru yang masuk dalam organisasi pramuka, baik Saka Wira Kartika, Bhayangkara maupun  Saka Bhakti Husada," pungkasnya.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Air Terjun Pengantin, Destinasi Wisata Air Terjun Unik Kabupaten Ngawi
Berita Selanjutnya Kecelakaan Bis Mini dan Motor, Dua Warga Sumenep Meninggal Dunia

Komentar Anda