UniqMag
PASANG IKLAN

TNI Koramil Ranuyoso Lumajang Bantu Warganya Bersihkan Material Longsor

berita terkini
Suasana saat pembersihan material longsor
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Ranuyoso mengakibatkan tebing yang berada di Dusun Kembang RT 15 RW 06 Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso ambrol. Jalan penghubung antara Dusun Kembang dengan Dusun Karang Tengah tertutup sebagaian.

Untuk membuka akses jalan yang tertutup sebagaian tersebut, Babinsa bersama warga setempat melaksanakan kerja bakti guna menyingkirkan material longsoran, Senin (12/02/2018).

Babinsa Penawungan Koramil 0821/06 Ranuyoso Kopka Imron Kambyah mengatakan, bahwa dirinya mengetahui telah terjadi tanah longsor di wilayah tersebut pasca mendapat laporan dari Kepala Desa Penawungan via telpon.

"Mengetahui kejadian tersebut pihaknya langsung mengambil tindakan dengan melaporkan kepada Danramil, dari laporan tersebut Danramil memerintahkan untuk segera mengambil tindakan dengan melaksanakan koordinasi untuk mengupayakan pembersihan," ungkapnya.

"Upaya ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh warga, karena jalan tersebut merupakan sarana transportasi yang menghubungkan antara dua dusun menjadi terganggu, memang tidak semua akses tertutup akan tetapi jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh roda dua secara bergantian," jelasnya.

Menghadapi musim penghujan seperti saat ini, warga masyarakat dihimbau untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Bencana tanah longsor, banjir dan hujan yang disertai tiupan angin yang kencang sewaktu-waktu dapat terjadi. Karena menurut Babinsa, dampak bencana tersebut bisa saja menyebabkan kerugian jiwa maupun kerugian materiil.

"Segera laporkan kepada pihak terkait yang ada didesa, baik melalui kepala Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas agar bisa diambil upaya penanganan secara cepat," pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Gilap, Kepala Desa Penawungan, dengan adanya upaya bersama ini diharapkan akses jalan bisa kembali terbuka, sehingga akses transportasi bagi warga di dua Dusun tersebut bisa dilalui dengan lancar karena jalan tersebut merupakan sarana pendukung bagi roda perokonomian warga.

"Kepada Babinsa disampaikan terimakasih yang selama ini sudah berperan aktif diberbagai kegiatan yang ada didesa, bisa menjadi motivator bagi warga dalam melakukan kegiatan, kedepan kita semua berharap kemanunggalan antara TNI dan rakyat akan semakin kuat dalam mewujudkan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," pungkas Gilap.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Air Terjun Pengantin, Destinasi Wisata Air Terjun Unik Kabupaten Ngawi
Berita Selanjutnya Kecelakaan Bis Mini dan Motor, Dua Warga Sumenep Meninggal Dunia

Komentar Anda