UniqMag
Perum Bojonegoro

Mutasi yang Dilakukan Bupati Bojonegoro Mendapat Sorotan Wakil DPRD

berita terkini
Sukur Priyanto Wakil Ketua DPRD Bojonegoro
inf

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Mutasi yang baru saja dilakukan Bupati Suyoto pada beberapa waktu lalu mendapat sorotan dari Dewan Pertimbangan Rakyat Daerah (DPRD), karena dirasa tidak memiliki izin dari Kementrian.

Salah satunya Sukur Priyanto Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat, yang sangat menyayangkan dengan adanya mutasi.

"Ternyata untuk mutasi yang pertama pada bulan Oktober 2017 lalu belum mempunyai izin, apalagi untuk mutasi yang baru saja dilakukan pada Maret 2018 ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengungkapkan jika pada undang-undang nomor 10 tahun 2016 perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi undang - undang sudah sangat jelas disebutkan.

"Dalam pasal 71 ayat 2 tertulis Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri," tegasnya.

"Untuk itu, SKPD yang beberapa waktu kemarin dimutasi kami panggil, salah satunya guna memastikan jika mutasi yang dilakukan telah melanggar undang - undang," pungkasnya.

Secara terpisah Zaenudin Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) membenarkan jika mengenai perizinan baru proses ke Kementrian.

"Mutasi bulan Oktober lalu baru diajukan, sedangkan mutasi pada bulan Februari tidak ada permasalahan karena semua proses administrasi telah dilalui dengan baik," tukasnya.

Reporter : Mustakim
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Angka Stunting Tinggi, Dinkes dan Desa Jampit Bondowoso Jemput Bola Melalui Pos Gizi

Komentar Anda