UniqMag
HPN DEMOKRAT

Warga Pacitan Dihebohkan Dengan Penemuan Batu Bersejarah

berita terkini
Batu bersejarah saat ditemukan warga
iklan3

PACITAN, (suarajatimpost.com) - Warga Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo Pacitan temukan benda purbakala berbentuk arca dengan motif lukis di sebagian sisi Batu berukuran tinggi 1,5 meter dan panjang 1,5 meter.

Benda yang diduga peninggalan masa kerajaan Majapahit itu menjadi tontonan warga pada, Selasa (13/02).

Joko Putro Utomo, Camat Tegalombo mengatakan penemuan seonggok batu alam dengan ukiran relief bergambar layaknya pesinden tersebut diperkirakan  milik peningalan Kerajaan Majapahit.

Menurutnya, dugaan terhadap asal-usul benda tersebut nampaknya sedikit ada titik terang. Sebab kemarin komunitas penggemar Benda Purbakala dari Madiun menyempatkan diri melihat dan sekilas melakukan penelitian terhadap benda tersebut.

"Diduga benda tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit. Sebab sebagaimana nama lokasi penemuannya, yaitu Desa Ngreco, disinyalir ada keterkaitannya dengan arca/patung. Artinya, dilokasi tersebut pada zaman dulu kala kemungkinan sempat dijadikan lokasi ritual untuk ngalap berkah. Utamanya para waranggono atau pesinden kerajaan," jelas Joko

Joko berharap, benda tersebut benar memiliki nilai sejarah setelah nanti dilakukan penelitian ahli arkeologi dari Jogjakarta. Dan Kecamatan Tegalombo bisa dijadikan tujuan wisata, terutama yang bersentuhan dengan nilai-nilai sejarah zaman kerajaan dulu. 

Reporter : Danur S
Editor : Ismi Fausiah
iklan3
Berita Sebelumnya Safari Pendidikan, Bupati Bondowoso : Guru Adalah Pewaris Misi Para Nabi
Berita Selanjutnya PPNH Peleyan Situbondo Sabet 4 Juara Lomba Antar Pesantren

Komentar Anda