UniqMag
Perum Bojonegoro

Wow, Petani Muda Asal Blitar Beromset Jutaan Rupiah

berita terkini
Feryan Herman Fauzi saat menunjukan bibit Papermint di ladang miliknya.
inf

BLITAR, (suarajatimpost.com) Siapa bilang menjadi petani tidak bisa sukses, barangkali ingin sukses tirulah Feryan Herman Fauzi (26).

Petani muda asal Dusun Krakal RT 03 RW 03 Desa klemunan, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, beromset tidak kurang dari Rp. 4 juta perbulan gara-gara menjual bibit tanaman obat keluarga seperti Papermint.

Saat ditemuai suarajatimpost.com dirumahnya, Fery sapaan akrabnya mengatakan, awalnya hanya menanam satu tanaman Papermint.

“Awalnya hanya iseng menanam Papermint untuk obat sakit kepala, karena manfaat tanaman ini banyak. Selain itu, juga banyak orang yang ingin membeli, akhirnya saya membudidaya dan menjual nya,” katanya. Selasa (13/3/2018).

Saat menekuni profesi ini, Very menceritakan sempat mengalami berbagai macam kendala seperti hama dan jenis pupuk apa yang cocok untuk jenis tanaman obat Papermint. Namun semua itu membuatnya semakin berinovasi dalam bertani.

“Berkat saran dari pakarnya petani dan seringnya melakukan uji coba. Sekarang sudah hampir 2.000 lebih bibit Papermint di budidayakan disini,” jelasnya

Very mengaku dilahan miliknya tidak hanya melakukan pembibitan tanaman obat saja, tanaman buah buahan pun juga di budidayakan.

“Selain Papermint ada beraneka ragam bibit yang di budidayakan disini seperti bibit pohon durian, jambu, jeruk purut dan masih banyak lagi bibit buah-buahan dan bibit tanaman obat keluarga yang saya budidayakan,” imbuhnya.

Tanaman obat keluarga yang sebagian besar ditanam di Eropa ini. Pemasaranya tak hanya di kawasan Blitar bahkan pemesan bibit Papermint banyak dari luar Blitar.

”Permintaan bibit Papermint tidak hanya di wilayah blitar saja, luar Kabupaten Blitar seperti daerah Malang, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pasuruan, Surabaya, dan Probolinggo juga banyak yang memesan bibit tanaman obat keluarga ini,” pungkasnya.

Reporter : Nanang Habibi
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Perseba Bancar Ponorogo Siap Hadapi Piala Kemerdekaan

Komentar Anda