UniqMag
Perum Bojonegoro

Pemkab Tuban Deklarasi Sekolah Ramah Anak

berita terkini
Penandatanganan Deklarasi
inf

TUBAN, (suarajatimpost.com) - Pemerintahan Kabupaten Tuban Mendeklarasikan sekolah ramah anak (SRA), sebagai bentuk untuk menghadirkan proses belajar mengajar yang nyaman dan menyenangkan.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Tuban, Rabu, 13/03/2018, bertema Deklarasi Percepatan Sekolah/Madrasah Ramah Anak (SRA) Se-Kabupaten Tuban tersebut bertujuan untuk memperkuat dukungan sekolah adanya aksi Bullying di lingkungan sekolah yang diharapkan bisa ditekan.

Ketua panitia Deklarasi Nur Khamid mengatakan bahwa deklarasi sekolah ramah anak ini sebuah program pemerintahan untuk mewujudkan kondisi aman bersih sehat peduli dan berbudaya yang mampu melindungi anak dari kekerasan di sekolah.

“ Program ini ada di dalam Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 yang  harus bisa diupayakan dan diterapkan di setiap sekolah  terutama di wilayah  Kabupaten Tuban,“ ungkapnya.

Lanjut Nur Khamid, bahwa sekolah ramah anak ada di dalam Permendikbud ini tidak hanya sekedar tataran normatif, akan tetapi implementasinya harus bisa diupayakan di setiap sekolah.

" Kita menginginkan pencanangan sekolah ramah anak itu diterapkan mulai dari bahan ajar sampai SDM yang terlibat dalam proses belajar mengajar," tutur Sekretaris Pendidikan Kabupaten Tuban

Terpisah Bupati Tuban Fatkhul Huda dalam sambutannya juga nyampaikan bahwa Pemkab Tuban sangat mendukung atas terlaksananya program – program dalam perlindungan anak khsusnya di sekolah yang dapat mewujudkan kondisi lingkungan pendidikan yang aman, nyaman sehat ramah dan menyenangkan sehingga anak didik dapat terpenuhi haknya.

 “Menjaga dan melindungi anak selama di sekolah itu menjadi hal yang prioritas dan di lakukan oleh sama – sama oleh semua unsur yang ada di sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, guru BK, dan penjaga sekolah. bahkan sangat perlu adanya kerja sama yang baik dan terarah antara sekolah dengan orang tua lembaga masyarakat maupun alumni untuk mendukungnnya,” tandasnya

Maka Sejalan dengan perkembangan pembangunan Kabupaten Tuban menuju kabupaten layak anak (KLA) terus digalakkan dengan terbuktiknya meyatakan diri untuk mengembagkan sekolah rama anak (SRA) Hal ini di lakukan karena SRA Merupakan indikator KLA  menjadi bagian terpenting dari diterbitnya kebijakan SRA  upaya agar pemenuhan hak – hak anak terpenuhi. (JIBRIL)

 

Reporter : Amin Ramdhan
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Guru Honorer Jember Belum Lulus S1 Sudah Dapat SP?

Komentar Anda