UniqMag
PASANG IKLAN

Badak 764 Lumajang, Dukung Polri 'Sapu Bersih' Penyebar Berita Hoax

berita terkini
Saat deklarasi menolak berita hoax berlangsung
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Upaya pihak Kepolisian utamanya Polres Lumajang Jawa Timur dalam memberantas penyebaran berita bohong (hoax), mendapat dukungan penuh dari sejumlah elemen masyarakat. 

Salah satunya dari perkumpulan Badak 764, salah satu radio komunikasi lingkungan yang mendklarasikan secara langsung akan sikapnya dalam pertemuan rutin, kemarin Sabtu (17/3) menolak berita hoax dan mendukung Polri (Polres Lumajang) dalam memangkas peredarannya. 

Guntur, ketua Badak 764 mengatakan, jika ia dan seluruh anggotanya yang ada, siap memberikan dedikasi dengan menjalin kemitraan dengan pihak Kepolisian, guna mengarahkan sisi pemikiran masyarakat, pada pola positif thinking (berfikir positif) juga cermat dalam memahami suatu berita. 

"Masyarakat harus dewasa dalam menelaah setiap adanya sebuah berita. Dari mana sumber berita itu harus dipahami. Karena jika masyarakat sudah berfikir sedemikian dewasanya, maka setiap isu akan bisa disikapi secara bijak dan tidak mudah teradu domba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," kata dia, Senin (19/3) pada media ini. 

"Jika ada yang dirasa membikin tidak nyaman, laporkan pada polisi, cari tau kebenaran akan sebuah informasi itu," imbuhnya. 

Disisi lain, pria berkumis tipis juga menghimbau masyarakat agar terus berkoordinasi dengan pihak terkait, jangan terprofokasi oleh pihak yang tidak baik. 

"Jika ikatan terus berjalan dan kebersamaan kita kuat, maka kita tidak akan mudah terpecah. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Hermanto, tim advokasi Badak 764. Ia berkata, jika masyarakat bijak, tetap berpegang teguh pada kebersamaan maka semuanya akan terakomodir. 

"Juga sikap kepolisian harus kita dukung. Jika ada sesuatu yang belum jelas kebenarannya, jangan terburu - buru kita main share, klarifikasi dulu yang sebenarnya," ucapnya. 

Ia juga menghimbau, masyarakat agar tidak mudah terpancing isu yang tidak jelas. Jika ada yang mencurigakan, pria yang akrab dengan sapaan cak Her itu berharap masyarakat agar melapor ke polisi dengan membawa print out berita - yang dianggap meresahkan agar sedianya mendapatkan respon dan tindak lanjut. 

Reporter : Hermanto
Editor : Arifin Angwa
inf
Berita Sebelumnya Plt Bupati Lumajang Hadiri Apel Siaga Satpol PP dan Linmas di Gresik
Berita Selanjutnya Sidang Pembobol Situs Mabes Polri Ditunda

Komentar Anda