UniqMag
Perum Bojonegoro

Ritual Maut di Pantai Selatan Jember, Begini Awal Ceritanya

berita terkini
Korban bernama Supri, (45)dan Ahmad (22) ditemukan pagi jam 05.00 WIB, (3/4/2017) siang
inf

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Pasca kejadian maut  yang menelan nyawa warga Probolinggo, salah seorang korban selamat pantai paseban bernama Toha, (33) asal Desa Roto, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo ahirnya membuka suara. 

Menurutnya, upacara yang berujung maut tersebut dilakukan, semata-mata hanya ingin mencari asbab kesembuhan di pantai selatan setelah mendapatkan petunjuk.

"Saya hanya diajak,  dan saya juga tidak tahu jika mau di ajak ke pantai paseban untuk ritual penyembuhan penyakit salah satu pasien bindereh Kusnan (sebutan tokoh dan para normal)  tersebut," ujarnya, Selasa (3/4/2017) siang di pelataran Mapolsek Kencong. 

Menurut Toha, pada hari Minggu, (1/3) sekitar pukul 13.00 WIB siang, dirinya bersama beberapa rekan kerjanyanya yang berprofesi sebagai tukang ojek.

“Rosid Dan Latif  mengajak saya , lantas di ajak ke daerah jember lebih tepatnya di pantai paseban, Kecamatan Kencong dengan biaya sewa yang telah disepakati ,” ujarnya.

BACA SEBELUMNYA :.Lakukan Ritual Penyembuhan, Dua Warga Probolinggo Tenggelam di Pantai Paseban Jember

Dari situlah, mereka secara rombongan sebanyak 14 orang tersebut laki laki 10 orang dan 4 orang perempuan memakai 9 unit sepeda hingga sampai pantai pukul 22.00 Malam.

“Setelah itu, ritual dilakukan oleh Bindere Kusnan, dan pada pukul 01.00 WIB Senin, (2/4) ke 10 orang laki laki turun ke bibir pantai dan melepas baju atas arahan Bindere,” bebernya. 

Setelah itu 10 orang bergandengan tangan lanjut Toha, sekira air sekitar lutut, tiba - tiba ombak besar datang langsung menerjang hingga semuanya terseret laju ombak sangat deras.

“Empat orang langsung menghilang, sementara saya berusaha melawan arus. Alhamdulillah bisa menyelamatkan diri,” ukui dia.

Sementara Kapolsek Kencong Akp Saidi SH Selasa,saat di konfirmasi menuturkan, jika pihaknya masih melakukan lidik dan berkoordinasi dengan pihak Mapolres jember.

"Kami menunggu hasil dari Polres Jember. Sedangkan anggota  sedang proses pencarian bersama warga dan pihak TNI dan terkait," tukasnya. 

Sampai berita ini diturunkan, Tim gabungan TNI dan BPBD masih menemukan 2 korban dalam keadaan sudah tidak bernyawa dengan identitas bernama Supri, (45)dan Ahmad (22) ditemukan pagi jam 05.00 WIB. Sementara korban lain belum ditemukan.

Reporter : Ema Wasta
Editor :
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Guru Honorer Jember Belum Lulus S1 Sudah Dapat SP?

Komentar Anda