UniqMag
Perum Bojonegoro

Jaga Kelestarian Lingkungan, Babinsa Condro Bersama Poktan Bersihkan Sungai

berita terkini
Suasana saat pembersihan sungai berlangsung
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Sungai merupakan ekosistem alam yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan hayati terutama bagi pertanian.  Guna melestarikan kelestarian alam tersebut Babimsa Condro bersama dengan Poktan Candra Tani melaksanakan pembersihan Sungai Blok Depok yang berada di Desa Condro Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Rabu (04/04/2018).

Hidayat, ketua Poktan Candra Tani mengatakan bahwa lahan persawahan milik anggota Poktan Candra Tani yang seluas 10 hektar ini pengairannya bergantung pada Sungai Blok Depok sehingga apabila ada kendala pada aliran air maka pertanian di sekitar sungai pun terganggu.

"Untuk menjaga kelestarian dan kelancaran aliran air tersebut, bersama dengan babinsa anggota Poktan Candra Tani melaksanakan pembersihan sungai dari sampah yang dapat menyumbat aliran air serta melaksanakan relokasi ulang dengan pengerukan kembali bagian sungai yang mengalami pendangkalan akibat tanah yang mengendap," jelasnya.

"Jika aliran air lancar maka kegiatan pertanian pun lancar tanpa ada kendala, terima kasih keoada babinsa yang selalu aktif san peduli terhadap petani di wilayah khususnya di Desa Condro ini" tutur Hidayat.

Sementara itu, Babinsa Condro Serda Naim mengatakan upaya melestarikan dan memperlancar aliran Sungai Blok Depok ini bertujuan untuk menormalisasikan aliran air guna mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

"Dengan lancarnya aliran air sungai tanpa ada hambatan, diharapkan dapat mendukung pelaksanaan upaya peningkatan hasil pertanian demi terwujudnya swasembada pangan nasional khususnya di wilayah Kecamatan Pasirian," tambahnya.

"Semoga dengan lancarnya aliran air, petani tidak mengalami kendala dalam pengairan lahan pertaniannya sehingga dapat memotivasi petani dalam upaya peningkatan hasil pertaniannya," pungkas Serda Naim.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Concrete Block Sudah Mulai Terpasang Rapi

Komentar Anda