UniqMag
Perum Bojonegoro

Bersihkan Kali, Personel Koramil Tekung Karya Bakti Bersama Warga

berita terkini
Pelaksanaan karya bakti
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Mewujudkan lingkungan sungai yang bersih, Personel koramil 0821/15 Tekung bersama warga masyarakat yang tergabung dalam organisasi HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) melaksanakan gotong royong dalam rangka karya bakti pembersihan kali Tekung yang ada di wilayah desa Tekung kecamatan Tekung kabupaten Lumajang, Minggu (8/4/2018).

Sebelum pelaksanaan karya bakti bersama, seluruh warga berkumpul di halaman Makoramil guna diberikan arahan terhadap sektor yang akan dikerjakan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Koordinator PUTR (Pekerjaan Umum Tata Ruang) Kecamatan Tekung dan perangkat desa setempat.

Kapten Inf Budi Purwanto Danramil 0821/15 Tekung dalam arahannya kepada masyarakat menyampaikan,  kebersihan sungai merupakan tanggungjawab dari semua warga dan seluruh lapisan masyarakat yang ada,  karena sungai ini merupakan sumber daya alam yang potensinya sangat diperlukan oleh masyarakat.

"Selain sebagai penunjang dalam kehidupan masyarakat, ekosistem yang ada didalam sungai juga harus tetap terjaga kelestariannya, disamping itu sungai juga merupakan penyuplai sarana irigasi yang sangat vital bagi kebutuhan para petani untuk mengairi lahannya guna meningkatkan hasil produksi panen sesuai dengan harapan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut kapten Budi menyatakan, pihak TNI dalam hal ini koramil 0821/15 Tekung akan senantiasa selalu bersama rakyat berupaya membantu mewujudkan hal tersebut, kegiatan ini sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga dan memelihara kebersihan dengan tidak membuang sampah disungai sehingga pemafaatannya bisa dinikmati untuk semuanya. 

Sementara Sugondo selaku Koordinator PUTR (pekerjaan Umum Tata Ruang) kecamatan Tekung juga menyatakan hal yang sama dengan dengan Danramil Tekung.

"Kali atau sungai merupakan urat nadi yang penting bagi kehidupan sehari-hari bagi masyarakat, air sungai yang bersih dapat dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan, sedangkan manfaat lainnya mempunyai peranan yang penting bagi sektor pertanian," terangnya.

Ia juga mengharap, setelah sungai ini dibersihkan tidak ada sampah lagi yang dibuang di dalamnya.

"Kita ajak untuk masyarakat untuk sadar dan peduli, siapa lagi kalau bukan kita yang berbuat untuk menciptakan lingkungan yang bersih demi kelestarian alam," pungkasnya.

Reporter : Hermanto
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Angka Stunting Tinggi, Dinkes dan Desa Jampit Bondowoso Jemput Bola Melalui Pos Gizi

Komentar Anda