UniqMag
PASANG IKLAN

Bersama GAKI, Koramil Candipuro Adakan Operasi Garam Beriodium

berita terkini
Foto bersama ditengah berjalannya kegiatan
inf

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Guna menyikapi perkembangan masalah kekurangan gizi yang terjadi ditengah masyarakat akibat kurangnya asupan garam yang memadai, Koramil 0821/09 Candipuro bekerjasama dengan team penanggulangan GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) Kecamatan Candipuro menggelar operasi yang dilaksanakan di pasar Kecamatan setempat, Rabu (11/4/29018).

Kepala Puskesmas kecamatan Candipuro dr. Khalid selaku ketua team mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk melihat kondisi langsung kepada para pedagang  dilapangan berkaitan dengan garam yang dijualnya sudah menurut standar pemerintah pada tingkat kadar iodiumnya bagi kebutuhan gizi masyarakat. 

"Hal ini didasarkan pada beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) akan terjadi devisit tingkat kecerdasan, dampak selanjutnya adalah mempengaruhi produktifitas kesehatan yang rendah dan pada akhirnya akan mempengaruhi status ekonomi masyarakat," jelasnya. 

Ia juga menyatakan, bahwa dari pelaksanaan kegiatan ini akan diperoleh adanya informasi tentang kandungan iodium pada garam yang diperiksa melalui pengujian, kita menjadi tahu informasi tentang bentuk garam yang dikonsumsi oleh masyarakat apakah sudah memenuhi tingkat kandungan iodium yang diperlukan sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan karena kekurangan iodium. 

Pelda Setyo Bati Bhakti Koramil 0821/09 Candipuro yang mewakili Danramil juga menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan agar garam yang dikonsumsi selama ini benar-benar memiliki kandungan iodium sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

"Hal ini betujuan agar masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Candipuro terbebas dari dampak penyakit yang disebabkan oleh kekurangan iodium diantaranya adalah penyakit gondok, kepada masyarakat juga diimbau agar asupan garam yang selama ini telah dikonsumsinya memiliki kadar iodium yang baik sehingga kelayakan gizinya dapat terpenuhi," pungkasnya.

Reporter : Hermanto
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Toko Sembako di Sumenep Kemalingan, Puluhan Juta Raib
Berita Selanjutnya Sidang Pembobol Situs Mabes Polri Ditunda

Komentar Anda