UniqMag
PASANG IKLAN

Polres Banyuwangi Gerebek Pesta Sabu, 2 Pelaku Wisatawan Amerika

berita terkini
Pelaku saat diamankan polisi
inf

BANYUWANGI, (suarajatimpost.com) - Polres Banyuwangi menggerebek pesta sabu-sabu (SS) di sebuah rumah seorang warga Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggrahan, Kamis (12/4). Dari penggerebekan itu, polisi menangkap 5 pelaku, 2 diantaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Kelima pelaku yang diamankan adalah Sunaryo, Hendrix Antrino Nugroho, Nanang Khosim, Christopher Alan dan Michele Justin. Dua nama terakhir pasangan dari Amerika Serikat.

Kedua WNA itu awalnya berlibur ke Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi. Namun kegiatannya itu diselingi dengan pesta barang haram bersama tiga temannya yang merupakan warga lokal.

"Penangkapan berawal hari Kamis (12/4) tersangka melakukan pesta sabu," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, Senin (16/4).

Awalnya, turis Amerika itu berangkat dari Jakarta menuju Kota Gandrung melalui Bandara Banyuwangi. Saat itu keduanya bersamaan dengan warga negara Indonesia bernama Nanang Khosim yang juga ditetapkan sebagai tersangka. 

"Sesampainya di Banyuwangi, kemudian ketiga tersangka naik taxi menuju rumah Hendrix Antrino Nugroho. Selanjutnya, melalui si Hendrix, Nanang meminta dipesankan sabu dan diantarkan ke Jesse's Palace Hotel, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran," ucapnya.


Di lokasi itu, Hendrix menghubungi salah seorang lain yakni Sunaryo untuk melakukan pesta sabu di rumahnya.

"Hendrix kemudian menghubungi tersangka Sunaryo melalui telphone dan disepakati mereka akan bertemu untuk melakukan pesta sabu di rumahnya," jelasnya.

Selanjutnya, Satresnarkoba Polres Banyuwangi melakukan penggeledahan dan penangkapan di tempat itu. Benar saja, di lokasi tersebut petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti. 

Di antaranya, dua paket sabu seberat 0,53 gram dan 0,13 gram, bong alat hisap, korek api, handphone dan sepeda motor. 

"Sebagai ilustrasi, yang bersangkutan beberapa kali di Bali melakukan kegiagan yang sama mengkonsumsi obat-obatan yang sama. Kedua turis juga memiliki riwayat sama saat berada di negaranya," ungkapnya.

Atas penangkapan ini, kelima tersangka dijatuhi Pasal 114 ayat (1) Sub Pasal 112 ayat (1) Sub Pasal  127 Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. 

Reporter : Lutfiana
Editor : Zidan Wijaya
inf
Berita Sebelumnya Jelang Ramadhan, Polres Jember Sita Ribuan Botol Miras
Berita Selanjutnya Sidang Pembobol Situs Mabes Polri Ditunda

Komentar Anda