UniqMag
PASANG IKLAN

Soal Sakip, Pemkab Tuban Belajar Ke Ngawi

berita terkini
Sekda Ngawi memberikan kenang-kenangan kepada Sekda Tuban
inf

NGAWI, (suarajatimpost.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi memang luar biasa. Apalagi dinobatkan sebagai kabupaten penyandang terbaik dari Nilai CC ke Predikat BB dalam Sistem akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (sakip) menarik Kabupaten Tuban Jawa Timur  untuk belajar sakip ke Ngawi.

Sekda Tuban Budi Wiyana mengatakan, pihaknya selalu tertarik dengan capaian – capaian dan inovasi yang dimiliki berbagai daerah. kabupaten Ngawi salah satunya, yang menurut sekda Tuban tak henti berinovasi. 

“Kami ingin maju seperti Ngawi Tujuannya satu,  memperkaya cara-cara pemberian pelayanan kepada publik,” kata Budi.

Kunjungan ini, lanjut ia, sudah direncanakan sejak lama, namun baru sekarang bisa kesampaian. 

“Ngawi ini secara signifikan menunjukkan progressnya. Berbagai penghargaan diraih. Dan ketika kami datang kesini, benar saja, ternyata Ngawi berkembang luar biasa,” urainya.

Sekda Ngawi Mokh. Sodiq Triwidiyanto yang menerima rombongan tersebut mempersilahkan Kabupaten Tuban untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari Ngawi. “Dulu kami juga banyak melakukan study banding ke berbagai daerah bahkan negara untuk melakukan perbaikan, dan yang sekarang kita nikmati,” katanya.

Selain itu, keberhasilan Ngawi merupakan sinergi antara pemimpin dengan yang dipimpin. OPD merespon dengan cepat keinginan kepala daerah. Ego sektoral juga kita hilangkan, sehingga semua bisa bekerja  saling support.

Terkait predikat BB atas sakip yang diraih Ngawi, kuncinya adalah komitmen pimpinan daerah yang sangat tinggi dan konsisten terhadap dokumen perencanaan sampai pertanggungjawaban. Hal itu di lakukan oleh kebersamaan seluruh satuan kerja perangkat daerah.

Ia membagi tips bagi Pemkab Tuban. Yakni selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja SKPD. Kemudian juga selalu berkonsultasi kepada Pemprov dan Kementerian PAN-RB, ada beberapa langkah kerja yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan implementasi sakip. Antara lain, komitmen pimpinan daerah dan pimpinan SKPD. Penguatan peran Bappeda dalam perencanaan, Inspektorat dalam evaluasi sakip dan Bagian Organisasi dalam pelaporan.

Reporter : Amita Putri
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Sejumlah Kasus Belum Terungkap, Ini PR Polres Lumajang
Berita Selanjutnya Sidang Pembobol Situs Mabes Polri Ditunda

Komentar Anda