UniqMag
Perum Bojonegoro

Berbaur Hadiri Pelaksanaan 'Sapi Taccek' di Dempoh Barat Pasean Pamekasan 

berita terkini
Paslon 'Berbaur' Saat Berada di Tengah Warga Pecinta Sapi Taccek
inf

PAMEKASAN, (suarajatimpost.com) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan nomor urut 1 'Berbaur' kunjungi Pagelaran seni budaya 'Sapi Taccek', salah satu seni Budaya Khas Madura yang dilaksanakan di Dusun Jurang Dalam, Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan.

Untuk pelaksanaan Sapi Taccek kali ini, ada sekitar 100 pasang sapi pilihan yang dipajang untuk pagelaran ini. 

Ketua Paguyuban Sape Taccek, Noto menuturkan bahwa kesenian Sapi Taccek bagi masyarakat utara diibaratkan lumbung tani. 

Menurutnya pada tahun 2016 data sapi berjumlah 3500 ekor. Sementara ini untuk Desa Dempo Barat sendiri sudah dikenal sebagai penghasil sapi bibit khususnya di Kabupaten Pamekasan.

"Warga Desa Dempo Barat sangat erat dengan kesenian Sapi Taccek, sapi bagi masyarakat disini diibarat lumbung bagi orang tani, warga senang pada sapi apa lagi sapi bibit unggul," terangnya.

Seperti pula yang disampaikan ketua tim alèrèk mèsem bernama Joko, ia menyampaikan bahwa masyarakat pecinta Sapi Taccek agar bisa diayomi dan dikembangkan oleh Paslon Berbaur, hal ini agar bisa lebih maju dan berkembang.

"Kami berharap kepada Paslon 'Berbaur' agar bisa mengayomi dan mengembangkan kesenian Sapi Tacek seperti yang dilaksanakan saat ini, agar seni budaya ini lebih terarah dan lebih maju," pintanya.

Menanggapi itu semua, Paslon 'Berbaur' Badrut Tamam mengatakam bahwa, untuk penggemar Sapi Taccek di Desa Dempo Barat sebaiknya dibangun simbol patung sapi, ia juga berharap dengan adanya Sapi Taccek ini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat pantura.

"Di Pamekasan utara sebaiknya dibangun patung sapi, dan diharapkan pemerintah setempat seharusnya peka terhadap keinginan masyarakat, artinya pemerintah bisa memfasilitasi dan mengarahkan agar kesenian Sapi taccek ini tidak hanya jadi budaya, akan tetapi juga bisa menjadi penghasilan perekomean bagi masyarakat," ujar Badrut Tamam.

 

Reporter : Nur Halili
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Angka Stunting Tinggi, Dinkes dan Desa Jampit Bondowoso Jemput Bola Melalui Pos Gizi

Komentar Anda