UniqMag
PASANG IKLAN

DPR RI Apresiasi FTKI Sarbumusi NU, Gerak Cepat Urus Jenazah Buruh Terlantar

berita terkini
Anggota DPR RI, Syaiful Bahri Anshori
KPU B

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Anggota Komisi 1 DPR RI Syaiful Bahri Anshori, mengaku terharu dan apresiasi atas langkah cepat Federasi Tenaga Kerja Indonesia (FTKI) Sarbumusi NU, telah berhasil melakukan negosiasi untuk mempercepat pemulangan jenazah buruh migran atasnama Amintya Rudianto.

Pekerja luar negeri yang berasal dari Desa Klompangan Jenggawah itu, dikabarkan sudah bekerja sebagai buruh di salah satu perusahaan ternama di Malaysia selama 6 bulan lamanya.

Tragisnya, jenazah tersebut harus tertahan hampir 2 minggu lebih di sebuah Rumah Sakit Kuala Lumpur Malaysia karena belum menyelesaikan administrasi pembayaran mulai dari biaya perawatan masih sembuh sampai meninggal.

“Kami apresiasi setinggi- tingginya khususnya Sekjen Sarbumusi NU yaitu Muhammad Rosul yang telah getol bekerja keras untuk melakukan lobi kepada pihak terkait ke berbagai pihak terkait,” papar Syaiful Bahri Anshori saat dikonfirmasi wartawan, (10/6/2018).

Legislator Jember ini menjelaskan, upaya yang dilakukan sahabat Muhammad Rosul patut diacungkan jempol.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Kabupaten Jember yang langsung merespon pemulangan jenazah tersebut," paparnya.

Kata Saiful, diperkirakan dalam waktu dekat jenazah Amin akan tiba di Indonesia dan akan diterima oleh pihak keluarga.

Politisi PKB ini juga berharap kejadian serupa tidak terjadi kembali menimpa buruh migran lain yang masih bekerja di sana.

“Perlu kerjasama antar instansi yang baik ya, antara Kementrian Tenaga Kerja, Kemenlu, BNP2TKI dan stake holder lainnya, agar peristiwa seperti ini tidak terulang lagi,” terangnya.

Dirinya juga semlat menyayangkan, pihak terkait yang terksean lamban mengurusi jenazah hingga beberapa hari lamanya.

"Mudah-mudahan ini semua menjadi pelajaran bagi semua pihak,” tutupnya. 

Dikabarkan juga, semalam Bupati Jember sudah berangkat ke Rumah Sakit Kuala Lumpur Malaysia, untuk menyelesaikan kekurangan pembayaran.

"Ya benar, sebelumnya, dari staf khusus Kementerian Tenaga Kerja RI sudah membayarkan, sejumlah Rp 20.000.000. Jadi, Pemkab Jember tinggal melunasi kekurangannya," ujar H.Mohamad Rosul, dikonfirmasi  lewat sambungan selulernya.

Reporter : Imam Khairon
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Jejalkan Semangat Usaha Lewat Jajanan Khas Jarak Dolly Surabaya

Komentar Anda