UniqMag
ad

Kelompok Pa'beng Kabupaten Situbondo Getarkan Jember

berita terkini
KPKS (Kelompok Pa'beng Kabupaten Situbondo) berlaga di 'Warung Kembang' Jember yang juga base camp 'Rumah Budaya Pendhalungan'
ad

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Usai berlaga di Taman Candra Wilwatikta, Pasuruan pada 30 Juni, KPKS (Kelompok Pa'beng Kabupaten Situbondo) bergeser ke Ajung, Jember. Kelompok musik tradisional yang melestarikan instrumen berbahan bambu ini memenuhi undangan 'Warung Kembang' yang merayakan ulang tahunnya yang ke-4 , Ahad (1/7).

Dhandik, Owner 'Warung Kembang' saat dihubungi suarajatimpost.com menyampaikan komitmennya untuk ikut melestarikan kekayaan budaya tradisional dari wilayah pendalungan raya. 

"Wilayah kebudayaan pendalungan yang meliputi tapal kuda kaya aset budaya. Selain Jember, kita juga mengundang Kelompok Pa'beng Kabupaten Situbondo. Kelompok ini juga merupakan bagian dari 'Komunitas Pandalungan Paseseran' yang mulai menginventarisasi  aset kebudayaannya," tutur Dhandik.

Sementara itu, Hosnatun, pembina KPKS mengutarakan jika geliat musik tradisional dari bambu ini baru digalakkan setahun terakhir.

"Meski baru bergeliat, kita optimis terus dinamis seiring dengan regenerasi yang juga kita lakukan. Dalam kesempatan ini, kita membawa sebagian personel berusia belasan tahun," ungkap Hosnatun.

Masyarakat dan undangan yang hadir dalam gelaran 'Open House dan Pesta Rakyat' tersebut tampak antusias. Bahkan Joko, salah seorang warga sempat mencoba alat musik yang baru digali kembali di Situbondo sejak tahun 2015 itu.

"Saya penasaran dengan bunyian yang dihasilkan instrumen bambu ini. Menarik dan unik sekali," katanya.

Sementara itu, para penyaji yang lain tak kalah memukau. Ada Tari Gatot Kaca, Kentrung Jos pimpinan Cak Ilham dan lain-lain.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Sebuah Toko di Pasar Gurem Pamekasan Nyaris Terbakar 
Berita Selanjutnya Diskominfo dan PSMPD IAIN Tulungagung Kaji Berbagai Permasalah Informasi

Komentar Anda