UniqMag
Perum Bojonegoro

Meski Dihimbau Tak Akan Lakukan Upaya Hukum, PDIP Bersikeras Ajukan Gugatan

berita terkini
Saifullah Yusuf saat konferensi pers di posko pemenang Gus Ipul-Puti di Jalan Gayungsari Surabaya
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Sebelumnya, saat konferensi pers di posko pemenang Pasangan Calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Sukarno, di Jalan Gayungsari Surabaya pada Jumat (29/6) lalu, Gus Ipul menyatakan bahwa tidak ada upaya hukum yang dilakukan terkait hasil perolehan suara yang ia raih.

“Kami bukan menggugat loh ya. Ini hanya sebagai bentuk intropeksi terhadap berlangsungnya pemilu. Karena indikasi jelas, adanya kecurangan intervensi kekuasaan untuk memobilisasi progam kerja,” jelasnya.

Namun dilain sisi kubu PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) lewat saksi Martin Homonangan tetap bersikukuh untuk melakukan upaya tersebut.

Karena Martin beranggapan bahwa pihaknnya sebagai kuasa yang mewakili kedua belah paslon berhak untuk melakukan upaya ini. Tetapi, jikalau kedua paslon tersebut menerima hasil keputusan dengan bijak maka pihaknya tak memepermasalahkan.

“Tapi dalam tahapan proses ini, saya harus melakukan tugas saya. Karena ini tidak benar dan ini harus diselesaikan dan Gus Ipul pun belum tahu soal ini. Ya mungkin tahu tapi tidak sedetail ini,” tegasnya, Sabtu (7/7) sore.

Menurutnya penyelesaian yang paling relevan harus diselesaikan kembali di kotak pemungutan suara, karena kekeliruan ini sifatnya sangat signifikan.

“Karena Kalau ke MK (Mahkama Konstitusi) kan perselisihan hasil pemungutan, itu kalau bicara angka. Tetapi kami bicara disini terkait proses DB-2 KWK yang tidak dijalani oleh penyelenggara pemilu soal dan ini sangat signifikan sebenarnya,” jelas Martin.

Martin pun menambahkan, kemungkinan ada beberapa daerah yang harus melakukan pencoblosan ulang.

“Kalau tadi dibilang selisih satu juta. Kemungkinan ini kalau diperbaiki dan mungkin ada beberapa daerah yang harus coblos ulang ya mungkin bisa lain hasilnya,” harapnya.

Reporter :
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Peringati Harjabo ke 199, Pemkab Kembali Gelar Bondowoso Culture Night Festival
Berita Selanjutnya Hati-hati Lowongan PT KAI Hoax

Komentar Anda