UniqMag
Perum Bojonegoro

Gunung Agung Erupsi Lagi, BPBD Jember Imbau Warga Pakai Masker

berita terkini
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo
inf

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Berdasarkan rilis yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda-Surabaya, aktivitas Gunung Agung kembali aktif dan mengalami erupsi pada pukul 11.44 WIB, yang menyebabkan semburan abu vulkanik hingga pada ketinggian 24 ribu feet.

Diketahui dari informasi rilis tersebut, didapatkan bahwa pergerakan abu vulkanik erupsi gunung Agung akan bergerak mengarah ke barat dan barat laut. Berdasarkan ketinggian 10 ribu feet mengarah ke barat - barat laut dengan kecepatan 30-50 km/jam, ketinggian 14 ribu feet mengarah ke utara-barat kecepatan 20-30 km/jam, ketinggian 18 ribu feet mengarah ke barat-barat laut dengan kecepatan 10-20 km/jam. Kemudian titik tertinggi yakni 24 ribu feet mengarah ke barat dengan kecepatan 40-50 km/jam.

Menanggapi kondisi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember Kabid Kedaruratan dan Logistik Heru Widagdo mengatakan, pihaknya menghimbau masyarakat Jember, untuk kembali menggunakan masker dalam beraktifitas. 

“Kami telah membagikan masker ke warga, pada erupsi sebelumnya, dan semoga dapat digunakan kembali,” kata Heru kepada sejumlah media, Senin (9/7).

Heru menyampaikan, bagi masyarakat yang akan melakukan aktifitas di luar rumah, dihimbau untuk menggunakan masker dan mempersiapkan diri sebelumnya. 

“Selain itu juga untuk berhati-hati, akan dampak abu vulkanik Gunung Agung itu,” tandasnya.

Heru juga berharap, masyarakat untuk menutup seluruh tempat penampungan air dan sumur agar tidak tercampur dengan abu vulkanik. 

“Karena abu vulkanik gunung Agung mengarah ke wilayah Banyuwangi, Jember dan Lumajang," pungkasnya. 

Reporter : Muhammad Hatta
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Unik, Pasangan Kembar Tertua ini Ditemukan di Festival Kembar Banyuwangi
Berita Selanjutnya Polda Jatim Ungkap Kasus Penggandaan Uang dengan Empat Korban

Komentar Anda