UniqMag
PASANG IKLAN

Warga Tidak Tolak Adanya Pabrik Semen Baru di Jember, Tapi Harusnya Ada Sosialisasi Dulu

berita terkini
Suasana rapat dengar pendapat (hearing) di ruang Komisi C DPRD Jember, Rabu siang (11/7/2018)
inf

JEMBER, (suarajatimpost.com) – Pengubahan saluran irigasi yang mengairi area persawahan warga, tanpa ada pemberitahuan ataupun sosialisasi terlebih dahulu dari pabrik semen baru terbesar di Jawa Timur di wilayah Gunung Sadeng, Kecamatan Puger itu. Menyebabkan Protes warga yang mayoritas menggantungkan hidup sebagai petani diwilayah setempat.

Warga hanya berhadap ada sosialisasi terlebih dahulu, dan tidak menolak keberadaan pabrik semen baru itu. “Tetapi paling tidak jika ada pembangunan seharusnya izin kepada masyarakat sekitar,” Kata salah satu warga Rakit Guntoro, Rabu siang (11/7/2018). Bahkan informasinya kepada pihak desa maupun kecamatan pun tidak ada izin.

Selain itu, Rakit juga mempertanyakan kepada pihak pemerintah, yang memberikan izin kepada pihak perusahaan. “Seharusnya kan setiap pembangunan ini ada sosialisasi ke masyarakat. Tetapi ini sama sekali tidak ada pemberitahuan kepada masyarakat. Dianggapnya Puger ini hutan tidak ada masyarakatnya,” tutur Rakit.

Sehingga pihaknya meminta, agar ada perhatian khusus, dan meminta kepada pemerintah daerah untuk meninjau ulang izin yang diberikan kepada perusahaan yang berasal dari China itu. Dengan harapan, tidak sampai memberikan kerugian masyarakat dan malah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui, saluran air yang dibangun dari gambar yang ditampilkan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember saat hearing, dibuat berkelok mengeliling bakal lokasi pabrik semen Indonesia Jember Hongshi Cement Limited. Kabarnya pabrik semen baru ini jauh lebih besar dari pabrik Semen Puger yang akan dibuat di lahan seluas 56 hektare. Kapasitas per hari mampu menghasilkan semen sebanyak 8 ribu ton per harinya.

Reporter : Muhammad Hatta
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Terkait Pemindahan Saluran Irigasi, Puluhan Petani Gruduk Kantor DPRD Jember
Berita Selanjutnya Pamit Keluar Rumah, Warga Jember Ditemukan Tewas di Sungai

Komentar Anda