UniqMag
Perum Bojonegoro

Menristekdikti Tantang Unair untuk Dapatkan Hasil Riset dari Bahan Farmasi

berita terkini
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir memberikan sambutan di Bromo Conference, Symposium on Natural Products & Biodiversity 2018.
inf

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah melakukan kerjasama dengan Lembaga Penyakit Tropis Unair (ITD), Perhimpunan Peneliti Bahan Alam (PERI-HPBA) serta Phytochemical Society of Asia (PSA) 

Bertempat di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Ketiga lembaga tersebut telah menyelenggarakan seminar internasional mengenai produk bahan alam dan keanekaragaman hayati (Bromo Conference, Symposium on Natural Products & Biodiversity) 2018.

Dalam kesempatan kali itu, turut hadir juga Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. 

Dalam sambutannya di depan audien, Nasir menantang untuk menghasilkan riset yang dapat digunakan sebagai bahan farmasi. Hal itu dikarenakan, sebanyak 92 persen bahan untuk farmasi di Indonesia merupakan hasil impor.

Oleh karenanya diperlukan riset untuk memanfaatkan kekayaan alam dan biodiversitas yang ada di Indonesia.

"Perguruan tinggi harus mengembangkan riset produk alami dan biodiversitas, sehingga tidak hanya berhenti menjadi penelitian di perpustakaan,” katanya.

Ia juga berharap perlu adanya inivasi baru atau produk-produk baru. “Saya harap dengan seminar ini dapat dihasilkan inovasi baru atau produk baru yang dapat menangani beberapa masalah di bidang farmasi. Saya ingin Unair juga berperan penting lahirkan inovasi baru di bidang itu," ungkap Nasir.

Senada dengan Nasir, Rektor Unair, Mohammad Nasih juga mengungkapkan, jika Indonesia kaya akan biodiversitas dan bahan dari alam yang bila diolah dapat hasilkan produk alami yang dapat mengobati berbagai penyakit.

"Riset harus semakin kuat dan berdampak baik pada masyarakat. Konferensi ini untuk memperkuat produk alami dan memperdalam riset biodiversitas di Indonesia dengan mengundang para peneliti internasional dalam bidang tersebut," jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga Unair melakukan penandatanganan MoU dengan PT. Konimex dalam bidang pendidikan dan riset. 

 

Reporter : Surya
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Tri Risma Harini Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-72
Berita Selanjutnya Belum Dilantik, Bupati Jombang Terpilih, Sudah 'Diwarning'

Komentar Anda