UniqMag
ad

Bupati Situbondo Sebut Pakaian Khas Adalah Simbol Kedaulatan

berita terkini
Suasana launching pakaian khas Situbondo, Rabu (18/7/2018).
ad

SITUBONDO, (suarajatimpost.com) - Bupati Situbondo Dadang Wigiarto menilai bahwa pakaian khas Situbondo yang dilaunching pada Rabu (18/7/2018) merupakan simbol kedaulatan. 

Pernyataan ini disampaikan orang nomor satu Situbondo itu di Graha Amukti Praja, Situbondo di hadapan seniman dan budayawan.

"Pakaian khas yang sudah dirumuskan tim dari DKS (Dewan Kesenian Situbondo, red) hendaknya jadi simbol kedaulatan Situbondo. Jika Situbondo mempunyai kedaulatan budaya, seni dan lainnya, tentu ini akan membanggakan," katanya.

"Akan menjadi modal partisipasi publik untuk pembangunan Situbondo jauh lebih baik. Kalo bahan dasarnya bisa dijangkau biasanya nyaman dipake. Dipake di kantor, bekerja ya cocok. Ini bisa jadi simbol masyarakat bahkan  menaikkan tingkat peradaban Situbondo," imbuhnya.

Menurut bupati, pakaian lokal itu jangan hanya dipakai satu kalangan saja. 

"Tapi kita melebur. Pakaian itu bisa  dipakai semua kalangan. Pakaian bupati, swasta, pegawai sampai petani sama. Pertimbangannya,  juga terjangkau oleh masyarakat. Selain itu, bila desainnya sederhana,  maka tidak mahal," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Dadang menyampaikan terima kasi kepada  para pihak  baik DKS, perumus dan simpatisan.

"Kami ucapkan terima kasih, semoga karya ini dapat memberikan kemanfaatan pada masyarakat. Sifatnya berkelanjutan. Dan harapannya, ini diterima publik secara mayoritas," ungkapnya.

Ditambahkan, acuan referensi pakaian khas tersebut adalah masa-masa sebelum kemerdekaan. Pakaian sehari-hati masyarakat dijadikan pijakan  untuk dikembangkan baik melalui pakem keseharian masyarakat pendalungan juga tentang situasi dan kondisi dari jaman ke jaman.

Usai sambutan dan launching, bupati dan jajarannya juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba lagu Situbondoan 2018.

Para pemenang lomba tersebut juga diharapkan terus termotivasi ikut menyemarakkan industri musik daerah Situbondo yang mulai redup.

Reporter : Irwan Rakhday
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Cabuli Anak Dibawah Umur, Pria Trenggalek ini Mendekam di Hotel Prodeo
Berita Selanjutnya Diskominfo dan PSMPD IAIN Tulungagung Kaji Berbagai Permasalah Informasi

Komentar Anda