UniqMag
ad

Sambut Hari Anak Nasional, SAGA Tekankan Pentingnya Gawat Darurat Anak

berita terkini
Dosen Keperawatan Universitas Muhammadiyah, selaku Pemateri Laksita Barbara, saat memberi pengajaran kepada Ibu-ibu, pentingnya Gawat Darurat Anak.
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com) - Dalam mewujudkan Indonesia sehat, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Bukti keseriusan itu sendiri dimuat dalam undang-undang baru, khususnya perlindungan serta kesehatan anak. UU No. 35 Tahun 2004.

Terpacu dalam tujuan tersebut, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (FIK UM) Surabaya, menggelar program Sahabat Keluarga (SAGA). Dalam rangka Menyambut Hari Anak Nasional, serta mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan kesehatan anak. Jumat, 20/7/2018.

Dosen Keperawatan UM, Laksita Barbara. Memeberikan materi tentang simulasi pengetahuan Gawat Darurat Anak, jika suatu saat bisa meresahkan. Jadi bagi orangtua, maupun yang awam bisa memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke pelayanan kesehatan. 
"Tadi saya memberikan simulasi tentang penolongan pertama, pada saat anak tersedak dan keracunan. Dimana kedua kasus ini sering terjadi, apalagi jika anak yang sudah menginjak umur enam bulan," ucapnya. 

"Kemudian yang saya berikan tadi pertolongan  pertama, yang bisa dilakukan oleh orang awam. Karena mereka yang pertama kali kontak dengan anak, ntah Ibu, Ayah maupun Neneknya. Sebab tenaga medis juga tidak selalu ada disana, jadi itu penting," tambahnya.

SAGA merupakan program pengabdian terhadap masyarakat, dalam bentuk pendampingan terhadap keluarga. Sebab atas dasar kesehatan anak, yang bergantung pada pola asuh dari orangtua, serta lingkungan perkembangannya. 

Acara yang bertempat di Binaan Puskesmas keputih ini, mendapat apresiasi dari Laksita selaku juga pemateri. 

"Alhamdulillah anak-anak mempunyai inisiatif untuk melatih ibu-ibu. Karena itu sangat penting, saya sangat mengapresisasi kegiatan SAGA ini, sebab disini bisa menularkan ilmu. Sehingga kita bisa mencegah kematian," harapnya. 

Besar harapan yang ia berikan atas program SAGA kedepan. Agar lebih maju dan mendidik lagi.

"Ini sangat dibutuhkan masyarakat, kegiatan seperti ini harus banyak dilakukan. Bukan cuma oleh anak-anak UM saja, namun dari kalangan kesehatan lainya juga," tutup perempuan berhijab.

Reporter :
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Petugas Kembali Temukan Korban Kecelakaan Kapal di Jember
Berita Selanjutnya Diskominfo dan PSMPD IAIN Tulungagung Kaji Berbagai Permasalah Informasi

Komentar Anda