UniqMag
Perum Bojonegoro

Muncul Jamur Unik di Tengah Makam Istri Veteran Jember

berita terkini
Jamur berukuran raksasa yang muncul di tengah makam seorang istri veteran tentara
inf

JEMBER, (suarajatimpost.com) - Sebuah fenomena unik terjadi di sebuah makam keluarga yang berada di Lingkungan Mojan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Pasalnya secara tiba-tiba muncul sebuah jamur berwarna putih besar di tengah salah satu makam seorang istri veteran tentara. 

Masyarakat sekitar pun takjub, karena menurut mereka jika muncul sebuah jamur tidak mungkin berdiameter besar dan hanya bertahan hidup selama kurang lebih beberapa minggu.

Namun jamur yang menjadi viral tersebut, hidup selama dua bulan lebih dan kini berdiameter semakin besar dan menyerupai bunga teratai, serta memiliki ukiran seperti batik.  

Ketua RW 02 Lingkungan Mojan Muhammad Arik Surya Putranto menyampaikan, sekitar dua bulan lalu, secara tiba-tiba muncul jamur di tengah makam, yang awal mulanya hanya berdiameter kecil.

“Kebetulan makam ini, adalah makam keluarga istri saya. Kemudian jamur itu tumbuh tepat ditengah makam nenek istri saya sekitar bulan puasa kemarin. Kata pakdenya istri saya, awalnya kecil dan semakin membesar,” ujar Arik saat dikonfirmasi sejumlah media, Selasa sore (24/7).

Dirinya pun awalnya tidak merasa aneh dengan munculnya jamur tersebut. Pasalnya jamur yang diketahui olehnya itu, hanya tumbuh hidup paling lama beberapa minggu.

“Namun sengaja saya biarkan, malah semakin membesar, padahal biasanya setahu saya, jamur itu tidak sampai satu minggu sudah bosok (membusuk, red). Ini malah sudah dua bulan masih hidup,” ungkapnya.

“Jarang sekali terjadi tumbuh jamur seperti ini, apalagi di tengah makam, dan setahu saya di sekitar lingkungan sini tidak pernah ada tumbuh jamur seperti itu. Bahkan warga katanya ada yang mencium bau harum dari jamur itu,” sambungnya.

Dengan kemunculan jamur unik tersebut, lanjutnya, warga sekitar pun saling menyebarkan informasi melalui media sosial Whatsapp. 

“Saya tidak menyebarkan informasi ini, yang menyebarkan itu ya warga sekitar. Bahkan sangking viralnya, banyak yang membagikan info tentang jamur itu di facebook. Sehingga mulai pagi sampai magrib banyak yang berdatangan. Yang saya tahu, sejak hari ini saja, ada warga dari (Kecamatan) Bangsal datang untuk melihatnya secara langsung keunikan jamur itu,” terangnya.

“Uniknya itu koyok opo yo (menyerupai apa ya), ada ukiran batik gitu dan bagus bentuknya seperti bunga teratai,” sambungnya.

Beberapa warga datang berbondong-bondong untuk melihat, katanya, bahkan ada yang kemudian mengsakralkan. “Namun saya bersama warga selalu ingatkan, kemudian kami pagar (menggunakan batang bambu). Karena khawatir disalahgunakan. Bahkan nanti ada niat lain ke arah musyrik, jadi selalu kita pantau dan ingatkan. Ada yang berdoa, tapi untuk almarhum,” ujarnya.

Lebih jauh Arik menyampaikan, jamur itu tumbuh tepat di tengah sebuah makam Mbah Sarwijan, seorang istri veteran tentara. “Suaminya mbah itu seorang veteran (tentara) yang berasal dari Blitar. Kalau mbah ini asli warga sini. Semasa hidup, Mbah Sarwijan selalu mendampingi eyang kakung untuk bertugas. Kemudian mbah meninggal dan dimakamkan di sini,” jelasnya.

“Mbah juga semasa hidup orang baik, tidak hanya kepada keluarga, tapi juga kepada warga sekitar. Kemudian mbah meninggal sekitar umur seratus tahun karena sakit, dan dimakamkan di sini ini sekitar 2 tahun lalu,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Alfiah (18) menyampaikan, informasi mengenai keunikan jamur yang berdiameter besar dan tumbuh ditengah-tengah makam itu, diketahui olehnya dari media sosial whatsapp.

“Infonya dapat dari teman di whatsapp. Saya penasaran dan jauh-jauh datang untuk melihat ini. Tetapi niat saya hanay mendoakan almarhum semoga tenang di alamnya. Terkait info semasa hidup almarhum, semoga kita yang hidup bisa meniru perilaku baiknya kepada keluarga dan masyarakat,” ujar wanita asal Kecamatan Bangsalsari ini. 

Reporter : Muhammad Hatta
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya KPU Jember Benarkan Belum Ada Surat Pengunduran Diri Isa Mahdi
Berita Selanjutnya Masalah Akte Kelahiran, Sutiaji: Kami akan koordinasi dengan RT/RW

Komentar Anda