UniqMag
Perum Bojonegoro

Kereta Api Wijaya Kusuma Siap Beroperasi Rute Panjang

berita terkini
Gambar Ilustrasi
inf

JEMBER, (suarajatimpost.com) - PT KAI akan segera merombak rute Kereta Api Wijayakusuma yang sebelumnya merupakan KA jarak menengah menjadi KA jarak jauh mulai tanggal 1 September mendatang.

Dalam perjalanan yang baru nanti, KA kelas premium tersebut tak lagi melayani rute Cilacap-Yogyakarta-Solo tapi diperpanjang menjadi Cilacap-Banyuwangi, Jawa Timur dan rencananya kelasnya akan ditambah menjadi Ekonomi Premium-Eksekutif.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Manager Angkutan dan Fasilitas Penumpang Daop 9 Jember, Adji Djulianto saat dijumpai di kantornya, Senin (06/08/2018).

“Ini untuk untuk meningkatkan pelayanan yang lebih luas kepada pengguna jasa KA, sehingga kami perpanjang rutenya menjadi Cilacap- Banyuwangi,” ungkapnya.

Adji mengatakan bahwa langkah tersebut tak terlepas dari kinerja KA Wijaya Kusuma yang disampaikan oleh pihak Daop 5 Purwokerto sejak dioperasikan pada akhir September 2017 lalu kurang begitu menggembirakan alias okupansi penumpang yang sangat minim.

“Operasional KA Wijayakusuma yang jalan 4 trip per hari, tersebut ada beberapa trip yang tingkat isian penumpangnya masih di bawah 50 persen,” katanya.

Meski demikian, Adji Djulianto menegaskan bahwa pihak PT.KAI tidak akan menghapus nama KA Wijayakusuma sebagai angkutan penghubung Jawa Tengah bagian barat hingga ke bagian selatan tersebut.

Rute tersebut tetap dilayani meskipun sifatnya hanya dilayani sebagai tujuan singgah dalam kemasan baru KA Wijayakusuma. 

Secara nama KA pun, pihaknya kemungkinan masih mempertahankan nama Wijayakusuma tersebut.

“Untuk operasional resmi, tetap menggunakan nama Wijayakusuma meski ada kemungkinan pula memakai nama lain, belum ada keputusan. Tapi untuk sementara tetap KA Wijayakusuma,” katanya.

Sementara untuk operasional KA Wijaya Kusuma sendiri yang sebelumnya di operasikan oleh Daop 5 Purwokerto, mulai 1 September mendatang akan di operatori oleh Daop 9 Jember.

Reporter : Redaksi
Editor : Arifin Angwa
inf
Berita Sebelumnya Bersama Wabup Arifin Ribuan Masyarakat Trenggalek Senam Poco-Poco
Berita Selanjutnya Masalah Akte Kelahiran, Sutiaji: Kami akan koordinasi dengan RT/RW

Komentar Anda