UniqMag
Perum Bojonegoro

Dinilai Hanya Minta Uang, Sejumlah LSM di Bondowoso Murka

berita terkini
Ketua LSM AKP (Aliansi Kebijakan Publik) Edy Wahyudi
inf

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) - Pernyataan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Achmad Prayitno yang menilai LSM terkesan hanya mencari duit, menuai amarah dan protes dari semua LSM (Lembaga Sawadaya Masyarakat) yang ada di Kabupaten Bondowoso.

Statement itu muncul, ketika ada acara penyuluhan masyarakat dengan tema “Sosialisasi Pemberdayaan Ormas yang diikuti oleh puluhan LSM dan Ormas.

“LSM itu orang berfikiran minta duit, minta duit, bukan begitu. Kuasai dulu LSM itu kan ada yayasan dan perkumpulan namanya itu. LSM itu ingat sama dengan ormas, ormas itu dibentuk oleh masyarakat minimal telo' (tiga), yang selama ini kan tidak begitu," paparnya.

Kata Prayitno, LSM harusnya sesuai dengan AD ART (Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga) dan semua pengurus maupun anggotanya harus jelas dan dicantumkan secara keseluruhan.  Kemudian memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya.

“Kalau bernaung di yayasan, maka harus mengikuti aturan undang-undang nomor 6 tahun 2001 tentang yayasan,” kata Prayitno, Selasa (7/8) kemarin.

Ketua LSM AKP (Aliansi Kebijakan Publik) Edy Wahyudi sangat menyayangkan pernyataan yang disampaikan oleh kepala Bakesbangpol Bondowoso itu.

Dirinya mengancam, semua LSM yang bergabung di Aliansi LSM Bondowoso akan mengkritisi kepala Bakesbangpol.

“Sangat tidak profesional sebagai pimpinan di Bakesbangpol dalam memberikan statementnya seperti itu. Saya bersama teman-teman sebanyak 10 LSM yang bergabung di Aliansi LSM Bondowoso akan pertanyakan itu,” kata Edy, Jumat (10/8)

Edy juga mengatakan, bahwa semua dinas yang bernaung di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bersih.

"Dinas itu harus logis dalam penyampaian kata-katanya didepan publiK. Apalagi kepala dinas itu sebagai publik figure dan panutan bawahan. Maka pertanyaan saya, apakah semua kepala dinas di Bondowoso ini jujur semua, Apakah LSM itu selalu minta uang,” pungkasnya.(Darma)

Reporter : Redaksi
Editor : Winzani
inf
Berita Sebelumnya Kurang Hati - Hati Atur Jarak Kendaraan, Laka Beruntun Terjadi di Pamekasan
Berita Selanjutnya Masalah Akte Kelahiran, Sutiaji: Kami akan koordinasi dengan RT/RW

Komentar Anda