UniqMag
Perum Bojonegoro

Hari Raya Idul Adha, Ponpos Al-Islah Potong Ribuan Hewan Kurban

berita terkini
KH Toha Yusuf Zakariya dan Petugas Kurban
inf

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) - Pondok Pesantren Al-Ishlah, Desa Dadapan Kecamatan Grujugan, memotong atau menyembelih hewan kurban. Jumlah yang dipotong 170 ekor sapi dan 1560 ekor kambing dan domba pada perayaan Idul Adha 1439 H di Lapangan Ponpes Al-Ishlah, Selasa (21/8/2018).

Menurut pimpinan Ponpes Al-Ishlah, KH Toha Yusuf Zakariya mengatakan hewan yang disembelih kali ini merupakan hasil donasi muslim Singapura. Daging akan dibagikan kepada masyarakat sekitar, Masjid dan lembaga Ponpes yang memohon.

“Jumlah kupon yang kita bagikan, baik itu kepada masyarakat, Maskid dan lembaga sebanyak 24.000 kupon. Untuk lembaga dan Masjid yang memohon lebih dari 100 kupon,” kata KH. Toha, Selasa (21/8/2018).

Sementara jumlah panitia hewan kurban sebanyak 700 orang, mulai bagian kandang sapi dan kambing. Serta bagian penyembelih kambing dan sapi ada 11 orang, hari ini semua akan selesai.

“Dasar kita melaksanakan salat Idul Adha, pada 10 Dzulhijjah bertepatan 21 Agustus 2018 karena Idul Adha merupakan hari raya internasional umat Islam. Juga berdasarkan Syeh Saehol Adhar 1975 dan robithoh alammi Mekah 1975,” jelasnya.

Lanjut KH. Toha, juga hasil dari seminar di Istambul Turki 1978 yang menetapkan bahwa patokan hari raya Idul Adha, dari patokan wukuf dan Dzulhijjah adalah mekkah Al-Mokaromah. Dengan ruqyah Ahlul Mekah. 

Sementara hilal syawal, hilal Ramadan itu dengan penetapan ahlul Al-balad, yaitu penetapan rukyahnya masyarakat di daerahnya masing-masing. 

“Ini sudah menjadi kesepakatannya para ulama pada 1975 dan 1978 di Turki menetapkan Rukyal hilalnya Idul Adha yaitu Meka. Surat keputusan 111 tahun 1349 H dari Mahkamah Saudi Arabia, menetapkan awal Dzulhijjah jatuh pada 21 Agustus 2018,” pungkasnya.(Darma)

 

Reporter : Redaksi
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Muhibah Singapura, Beri Ribuan Hewan Kurban di Al-Ishlah 
Berita Selanjutnya Tim Segab Mabes TNI AD Kunjungi Kodim Lumajang

Komentar Anda