UniqMag
Perum Bojonegoro

1.000 Perguruan Tinggi Akan Ditutup Kemenristekdikti

berita terkini
Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, Totok Prasetyo, saat diwawancarai wartawan usai kongres internasional di hotel Santika Malang, Senin (27/8).
inf

MALANG, (suarajatimpost.com) - Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, Totok Prasetyo, mengatakan, hingga saat ini pemerintah tengah mengupayakan penutupan 1.000 Perguruan Tinggi (PT) yang tidak jelas statusnya.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Internasional Conference on Smart Green Technology (ICSGT), di Hotel Santika Malang, Senin (27/8).

"Kita ini kebanyakan Perguruan Tinggi, masalahya APK kita rendah. Sudah kami bahas, akan tutup 1.000 perguruan tinggi," kata Totok Prasetyo saat menghadiri Konferensi Internasional di Hotel Santika, Senin (27/8).

Dikatakan Totok, jumlah perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia ada sekitar 4.670 Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri.

Penutupan masal yang akan dilakukan tersebut, sekaligus akan memfilter PT yang mutu dan kualitasnya terbaik. Dengan demikian, yang dicetak oleh perguruan tinggi nantinya bukan kuantitas mahasiswa, melainkan kualitas mahasiswa.

"Yang kita kedepankan itu kualitas bukan kuantitas," katanya.

Mengenai proses penutupan, ia katakan telah diatur dalam Renstra Kemenristekdikti periode 2015-2019. Dalam Renstra tersebut disebutkan sistem penutupan bisa dilakukan secara langsung ataupun melalui penggabungan beberapa universitas.

"Itu tergantung, nanti pasti ada universitas yang merger, ada juga yg kita tutup total," tegasnya.

Perlu diketahui, sebelumnya ditahun 2015, Kemenristekdikti telah menutup  243 kampus. Tahun 2016 dan 2017 tercatat pula 11 PTS dicabut izinnya, 22 PTS dalam proses pembinaan untuk dinonaktifkan, dan 10 PTS konflik internal dalam proses hukum.

 

Reporter : Redaksi
Editor : Ismi Fausiah
inf
Berita Sebelumnya Para Pedagang Berjualan di Pinggir Jalan, Pemkab Diminta Berikan Bantuan Modal Usaha
Berita Selanjutnya Tim Segab Mabes TNI AD Kunjungi Kodim Lumajang

Komentar Anda