UniqMag
Perum Bojonegoro

Bernilai Ekonomis, Mahasiswa KKN Unisba Blitar Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ayam Kampung

berita terkini
Suasana pelatihan pakan ayam kampung di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar.
ad

BLITAR, (suarajatimpost.com) - Tumbuhkan jiwa berwirausaha di desa, mahasiswa KKN Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar kelompok ll gelar pelatihan pembuatan pakan ayam kampung.

Acara yang digelar di balai Desa Sukorejo, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Kamis (13/09/2018) sekitar pukul 14.00 ini di ikuti puluhan warga dari perwakilan RT setempat.

Surya wakil ketua kelompok mengatakan, alasan kelompoknya membuat pelatihan pembuatan pakan ayam kampung lantaran pihaknya ingin warga Desa Sukorejo menjadi wirausaha.

"Kalau ayam kampung kan tidak membutuhkan modal besar untuk memulai menjadi wirausaha di bidang ternak," katanya di sela-sela acara pelatihan. Kamis (13/09/2018).

Lebih lanjut dikatakannya, prospek usaha ayam kampung sendiri sampai saat ini masih terbuka lebar bahkan pihaknya juga menilai ayam kampung asal Blitar sudah tidak diragukan kualitasnya.

"Satu ekor ayam kampung berkuran sedang, atau berusia 3-4 bulan ditawarkan antara Rp 35 ribu-Rp 40 ribu/ekor. Untuk betina dewasa dijual Rp 45 ribu-50 ribu dan jantan dewasa Rp 75 ribu-100 ribu," ungkapnya.

Dijelaskannya, selama ini ayam kampung dibeli dari perorangan. Itupun jumlahnya sangat terbatas. Bahkan populasi ayam kampung yang ada di masyarakat mengalami penurunan.

"Permintaan pasar terhadap ayam kampung yang tinggi belum bisa diimbangi dengan ketersediaan barang yang cukup, ini bisa dijadikan lahan bagi para warga untuk meningkatkan perekonomian," jelasnya.

Surya berharap dengan adanya pelatihan pembuatan pakan ayam kampung, Desa Sukorejo bisa menjadi sentral ayam kampung di Kabupaten Blitar. Terlebih untuk memulai usaha tersebut tidak membutuhkan modal yang besar.

"Semoga dengan adanya pelatihan pakan ini Desa Sukorejo bisa menjadi sentral ayam kampung berkualitas di Blitar. Terlebih hampir setiap rumah memelihara ayam kampung. Jadi, ini menjadi modal awal untuk memulai usaha budidaya," pungkasnya.

Reporter : Nanang Habibi
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Pj Bupati Pamekasan Serahkan Satu Unit Mobil Ambulance di HUT Ke 73 PMI 
Berita Selanjutnya Hati-hati Lowongan PT KAI Hoax

Komentar Anda