UniqMag
Perum Bojonegoro

Capai 13,5 Triliun, PDB Indonesia Tertinggi di Kawasan Asean

berita terkini
Anggota DPR RI komisi XI, Andreas Eddy Susetyo saat memberikan sambutan dalam gelaran BI Goes to Campus di UB Malang, Kamis (8/11)
ad

MALANG, (suarajatimpost.com) - Gaung Indonesia sebagai tiger of Asia yang pernah didengungkan pada masa Presiden Soekarno atau sekitar 1962, kini kembali terdengar.

Data dari Bank dunia tahun 2017 menunjukkan, PDB Indonesia merupakan yang paling tertinggi di kawasan Asean, dengan jumlah US$ 1,016 triliun dolar. Jumlah tersebut setara dengan Rp.13.588  triliun dengan kurs tengah Bank Indonesia Rp.13.548/dolar Amerika Serikat.

Anggota DPR RI Komisi XI, Andreas Eddy Susetyo, menyampikan, tembusnya PDB Indonesia ke angka US$ 1 triliun tersebut membuat Indonesia semakin tak tertandingi di Asean.

"Artinya Indonesia kembali membuktikan sebagai negara besar dan tengah berada dalam langkah untuk menjadi negara maju," kata Andreas Eddy Susetyo dalam gelaran BI Goes to Campus 2018 di Universitas Brawijaya Malang, Kamis (8/11).

Lebih lanjut, Andreas tegaskan, masuknya PDB Indonesia ke angka US$ 1 triliun, menjadikan negara kepulauan terbesar ini masuk dalam grup trillion dollar club.

"Jadi kita semua harus berbangga dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia saat ini," katanya.

Tak hanya itu prediksi dari Bank dunia, tahun 2018 ini PDB Indonesia akan melejit pesat atau meningkat 5,3 persen dari tahun sebelumnya.

Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi negara dengan PDB paling tertinggi di Asean. Sementara di posisi kedua ada Thailand dengan US$ 455,2 miliar, kemudian Singapura di posisi ketiga dengan pertumbuhan PDB sebesar US$ 323,9 miliar.

Sementara negeri Jiran, Malaysia berada diposisi keempat dengan PDB sebesar US$ 314,5 miliar, dan Filipina diposisi kelima dengan total PDB sebesar US$ 313,6 miliar.

Reporter : Sammy
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Praktisi Hukum Menilai BK DPRD Jombang Tidak Ada Ketegasan
Berita Selanjutnya Polda Jatim Ungkap Kasus Pemerasan Prostitusi Gay

Komentar Anda