UniqMag
Perum Bojonegoro

Beberapa Kecamatan Diguyur Hujan Deras, Ini Himbauan BPBD Pamekasan

berita terkini
Ilistrasi (google) Antisipasi Musim Panghujan
ad


PAMEKASAN, (suarajatimpost.com)- Setelah beberapa Kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diguyur hujan, begini himbauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Kamis (08/11/2018).

Potensi terjadinya bencana di musim penghujan tentunya lebih tinggi dari musim sebelumnya, hal ini disampaikan oleh kepala BPBD Kabupaten Pamekasan melalui Budi Cahyono supervisor PusdalOps Bpbd Pamekasan mengatakan bahwa, memasuki musim penghujan masyarakat Pamekasan dimohon untuk lebih waspada dan siaga agar bisa mengurangi resiko bencana.

Menurutnya, dimusim penghujan ini warga diminta lebih berhati - hati dan waspada, apalagi bagi warga yang tinggal dilokasi yang memiliki ancaman tanah longsor atau berada di sekitar perbukitan dimohon untuk lebih hati-hati dan waspada.

"Kami menghimbau kepada warga untuk mengenali dan waspada kalau ada retakan tanah yang cenderung terus bergerak, ada sumber air baru dan keruh ataupun air sumur juga berubah menjadi keruh, Pohon-pohon yang berada di perbukitan mulai berubah posisi atau miring, daun pintu dan jendela susah dibuka maupun ditutup. Kondisi itu bisa mengindisikan bahwa tanah di sekeliling kita  mulai pada pergerakan waspadai tanah longsor," ucapnya. 

Budi Cahyono melanjutkan, jika terjadi demikian tindakan yang dilakukan yang pertama,tingkatkan ronda dan kentongan, Kemasi barang-barang berharga dan surat-surat penting menjadi satu dan diletakkan di tempat yang aman dan mudah dijangkau oleh seluruh penghuni rumah, tutup retakan tanah dengan tanah liat, apabila tanah terus bergerak tinggalkan daerah yang terancam longsoran tersebut menuju tempat yang aman.

"Sedangkan bagi warga yang berada di lokasi yang rawan banjir, hal yang perlu diperhatikan adalah, waspadai bila turun hujan lebih dari 2 jam, waspadai debit air yang meningkat secara signifikan," ujarnya. 

Sementara menurut Budi Cahyono untuk tindakan yang bisa dilakukan yang pertama, Kemasi barang-barang berharga dan surat-surat penting menjadi satu dan ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau dan diketahui oleh seluruh penghuni rumah, apabila harus mengungsi ikuti petunjuk dan arahan petugas.

"Lain halnya bagi warga yang berada di daerah yang rawan angin puting beliung, yang perlu diperhatikan adalah, waspadai apabila ada awan hitam yang bergulung gulung, cuaca mendung tapi suhu udara panas, tiba-tiba turun hujan deras disertai angin, dengan kondisi ini tindakan yang di lakukan yaitu, Kurangi pepohonan dan dahan di sekitar rumah terutama yang sudah membahayakan, pastikan atap rumah kuat dari terjangan angin, jangan berteduh dibawah bangunan dan pepohonan yang sudah rapuh karena itu sangat beresiko dan berbahaya sekali," pungkas Budi Cahyono. 

Reporter : Nur Halili
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Satlantas Polres Trenggalek Terjunkan Personelnya di KM 16 
Berita Selanjutnya Polda Jatim Ungkap Kasus Pemerasan Prostitusi Gay

Komentar Anda