UniqMag
Perum Bojonegoro

Tari Orek-Orek Ikut Sambut Team Wasev Sterad di TMMD Kodim Rembang

berita terkini
Tari Orek-Orek saat menyambut Team Wasev Sterad
ad

Rembang, (suarajatimpost.com) - SMA N 1 Sulang, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, kali ini akan menebar dan menunjukan pesonanya di Lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke103 Kodim 0720/Rembang, yang sedang berlangsung sekarang ini di Dukuh Ngotoko, Desa Pasedan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Dengan kesenian Tari Orek-Orek Gondoriyo, terkait menyambut kunjungan Team Wasev dari Sterad. Kamis (8/11)

Tari Orek-Orek memang masih jarang orang yang tau dan mengenalnya, biasanya tari ini dibawakan pada acara-acara resmi sedekah laut, sedekah bumi, dan lain-lain sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sedangkan untuk pembawaannya menggunakan alat musik Gamelan Laras Slendro atau gamelan Thuk Brul dalam bahasa Jawa (Gathuk Gabrul), perpaduan tari dan nyanyian yang diiringi tetabuhan gamelan tersebut dan cara memukulnya salah satunya dengan cara dikorek" Jelasnya. 

Tarian yang berasal dari Kecamatan Bulu itu akhir-akhir ini memang dimunculkan lagi, untuk melestarikan budaya-budaya daerah yang sebagian besar sudah tenggelam, sehingga generasi muda bisa mengetahui kekayaan budaya daerah yang sebenarnya banyak tetapi memang sudah banyak yang terlupakan.  (pen0720).

Reporter : Redaksi
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Drum Band SDN2 Pasedan Ikut Andil di TMMD Kodim Rembang
Berita Selanjutnya Polda Jatim Ungkap Kasus Pemerasan Prostitusi Gay

Komentar Anda