UniqMag
ad

Pemuda Pajeten Bondowoso Sulap Limbah Kayu Jadi Karya Bernilai Ekonomis

berita terkini
Foto hasil kerejianan tangan, berupa Sketsa wajah Presiden Jokowi, Ir Sukarno, kaligrafi, bonsai rumah pohon, jam diding, kursi dan meja yang terbuat dari limbah kayu
ad

BONDOWOSO, (suarajatimpost.com) - Sungguh tidak menyangka tumpukan limbah kayu mebel disulap oleh sekelompok pemuda warga Desa Pajeten kecamatan Bondowoso kabupaten Bondowoso Jawa Timur menjadi barang –barang berharga ekonomis.

Pasalnya limbah kayu mebel itu diproduksi menjadi berbagai karya kerajinan tangan berupa, Sketsa wajah, kursi, meja, bonsai rumah pohon, dan kaligrafi yang bernilai ekonomis dan sudah dipasarkan di Bursa Inovasi Desa.

Mohammad Sukron, Anggota Tenaga Pendamping Inovasi Desa Kecamatan Bondowoso menyampaikan, bahwa usaha kerajinan tangan yang menggerakan adalah teman -teman pemuda Desa Pajeten.

“Untuk pengrajin limbah kayu ini dikerjakan melalui kelompok yang terdiri dari empat orang. Salah satunya ada pekerja penyandang difabilitas,” terangnya, Kemis (15/11/2018).

menurut Sukron, produksi kerajinan tangan itu sudah sejak tahun 2016, dan mulai berkembang pada tahun 2017. Kegiatan itu di dukung oleh penyertaan mudal melalui dana desa (DD) yang berupa dana pemberdayaan desa.

Ia menjelaskan, proses pembuatan kerajianan tangan dengan limbah kayu mebel hanya memerukan waktu setengah bulan dan untuk pembiayanya sangat terjangkau karena limbah kayu mebel yang dibuat kerajianan tangan berupa sketsa wajah, kursi, meja,bonsai rumah pohon, dan kaligrafi di ambal dari warga sekitar yang mempunyai usaha permebelan.

“Kebetulan di desa kimi memang banyak warga yang pengrajin –pengrajin mebel. Jadi kami mudah mendapatkan bahan bakunya,” paparnya.

katanya, untuk penjualanya dilakukan secarang langsung dan bisa dipesan memalui fia online. Terkadang pembeli dari luar kota mendatangi langsung kelokasi tempat produksi. Terkait harga yang di patok berfareasi, mulai dari harga 35 ribu, 50 sampai seratus ribu. 

Sedangkan menurutnya, untuk harga kursi dan meja dipatok harga sampai satu juta rupiah da harga bonsai rumah pohon dijual dengan harga sekitar 400 -500 rubuan.

Reporter : Bahrullah
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Program TMMD Memberi Kepuasan Warga Pasedan
Berita Selanjutnya Kodim Kediri Bangun Solidaritas TNI - Polri Lewat Apel Danramil dan Babinsa

Komentar Anda