UniqMag
ad

Polres Lumajang Akan Terus Kawal Penggunaan Dana Desa

berita terkini
Kasat Reskrim Polres Lumajang (berdiri didepan) saat memberikan edukasi
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) - Menjelang akhir tahun 2018, APIP Kabupaten Lumajang rapat koordinasi dan pengawasan diruang Nararya Kirana Lantai III kantor Bupati Lumajang, Kamis (6/12/2018).

Hadir saat itu, kepada desa se-Kabupaten Lumajang, dengan pemateri Inpektorat Pemkab Lumajang, Kasat Reskrim Polres Lumajang, serta Kasi Pidsus Kejari Lumajang.

Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hasran, dalam kegiatan ini menyampaikan, perjanjian kepmendagri dengan Polri - Kejaksaan tentang mekanisme penanganan pengaduan masyarakat. 

"Dana Desa dalam pelaksanaanya dilapangan memiliki dua hal penting yang perlu dilaksanakan, yaitu hak dan kewajiban. Aspek kewajiban ini yg kadang terabaikan, sehingga membuat perangkat desa berurusan dengan hukum," ujar AKP Hasran. 

Yang dimaksud AKP Hasran adalah adanya kebijakan dari pemerintah pusat terkait kucuran dana desa dari pemerintah pusat yang memiliki nominal sebesar 1 Miliar pertahun, untuk memperbaiki maupun membangun fasilitas serta infrastruktur baru di desa tersebut.

"Masih lemahnya kemampuan desa dalam hal administrasi serta pertanggung jawaban, disinyalir menjadi kesempatan untuk pemangku jabatan ditingkat desa untuk menyalahgunakan dana yg seharusnya untuk desa ini," sambung Hasran.

 "Namun saya yakin, bapak bapak yang berada disini," imbuhnya.

Disisi lain, orang nomer satu di jajaran Satreskrim Polres Lumajang itu yakin, jika tak ada satupun kepala desa yang ingin menyalahgunakan dana desa.

"Saya yakin kepala desa lebih memilih untuk memajukan desa, agar tidak tertinggal dengan desa yg berada disekitar wilayah desa tersebut," tutupnya.
  
Pada akhir kegiatan, Purwanto, kepala desa Tempeh Lor Lumajang memberikan apresiasi kepada Kasat Reskrim Polres Lumajang. 

"Kami sadar akan keterbatasan kami dalam administrasi dan resikonya. Acara ini sangat bermanfaat buat kami," tukas dia. 

Terpisah, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhamad Arsal Sahban menyatakan bahwa Polri siap mengawal dana desa. 

"Penegakan hukum adalah jalan terakhir yang kami pilih. Pilihan pertama kami adalah mengedukasi para kepala desa agar tahu tanggung jawabnya. Kami ingin masyarakat desa sejahtera dengan adanya dana desa. Sehingga kami akan mengawal penggunaannya,” ujar Arsal.

Reporter : Hermanto
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Sejumlah Warga Bangkalan Luruk Kantor BPWS Surabaya - Madura
Berita Selanjutnya Kodim Kediri Bangun Solidaritas TNI - Polri Lewat Apel Danramil dan Babinsa

Komentar Anda