UniqMag
ad

Trenggalek Dapat Bantuan Bus Sekolah

berita terkini
Bus bantuan dari Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI kepada Pemkab Trenggalek
ad

TRENGGALEK, (suarajatimpost.com) - Kabupaten Trenggalek mendapat bantuan Bus sekolah berkapasitas 36, dari Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI.

Bantuan dua bus ini cukup nyaman dan menarik, karena armada angkutan pelajar dari Kementerian ini, dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner (AC) dan sound sistem.

Ada 26 kursi penumpang, dan 10 pegangan tangan untuk penumpang berdiri, menandakan kendaraan ini memang didesain khusus dengan mengutamakan keamanan bagi penumpang.

Menurut Sigit Agus Hari Basuki Kepala Dinas Perhubungan, pemerintah kabupaten Trenggalek tahun 2016 merintis angkutan pelajar, untuk menyediakan kebutuhan angkutan berangkat dan pulang sekolah bagi kalangan pelajar.

"Rintisan angkutan pelajar di Trenggalek, didasari dengan minimnya keberadaan angkutan umum pada jalur tertentu, ditengah maraknya penggunaan kendaraan pribadi oleh masyarakat," ucapnya.

Apalagi tingginya angka kecelakaan lalu lintas nomor dua, diduduki oleh kalangan pelajar.

Ditambahkan Sigit, penyediaan angkutan pelajar ini juga bertujuan untuk memberikan multi player efek, pemberdayaan masyarakat bagi pelaku usaha angkutan umum, meskipun langkah ini belum bisa mengakomodir keseluruhan pelajar yang ada.

Dijelaskan olehnya, ada 4 kendaraan aset Pemerintah Daerah yang kita fungsikan, untuk angkutan pelajar, dan 7 kendaraan umum yang dikerjasamakan antara Pemerintah Daerah dengan Koperasi MPU, untuk angkutan pelajar yang melayani jalur Bendungan-Trenggalek, Tugu-Trenggalek, Suruh-Trenggalek, Gandusari-Trenggalek dan Durenan-Trenggalek.

"Dengan tambahan 2 Bus sekolah dari Kementerian Perhubungan ini, jumlah angkutan pelajar yang ada di Kabupaten Trenggalek bertambah menjadi 13 armada," imbuhnya.

Dikonfirmasi mengenai kapan akan dioperasikan, Kadishub Kabupaten Trenggalek ini menjelaskan, pihaknya akan segera mengkoordinasikan hal ini dengan dinas terkait, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Selain itu pihaknya juga akan terlebih dahulu melengkapi kendaraan ini dengan surat-surat yang dibutuhkan, termasuk juga dengan uji kir, untuk menentukan kelayakan kendaraan ini untuk dioperasionalkan.

"Dengan bertambahnya angkutan bagi pelajar diharapkan Kadishub ini, angka kecelakaan dapat terus ditekan," pungkasnya.

Reporter : Tatang
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Berhari-hari Hanyut di Sungai Brantas, Jasad Pekerja Proyek Jembatan di Tulngagung Ditemukan 
Berita Selanjutnya Kodim Kediri Bangun Solidaritas TNI - Polri Lewat Apel Danramil dan Babinsa

Komentar Anda