UniqMag
Diknas Jombang

Kaki Dirantai, Wawan Pria Asal Sidoarjo Diamankan Dinsos Jombang

berita terkini
Wawan yang dianggap gila saat rantai dikakinya digerinda agar lepas oleh Pengasuh Griya Cinta Kasih
Berita 1

JOMBANG, (suarajatimpost.com) - Dianggap orang gila pria asal warga Desa Kepuhkemiri, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur tadi siang sekira pukul 13.00 Wib, diamankan Dinas Sosial dibantu Polsek Jombang Kota, Selasa (8/1/2019).

Pasalnya pria tersebut berbaju lungsut memakai sarung sangat kotor, anehnya lagi kaki kondisi dirantai.

Dari pantauan dilokasi, pria tersebut mengaku namanya Wawan kusmianto (38) asal Desa Tulangan, Sidoarjo. depresi karena ditinggal istrinya menikah lagi, dan berjalan dari rumahnya ingin menuju makam Gus Dur.

"Saya jalan dari rumah, saya pernah nikah 2 kali, dua duanya pergi ninggalin saya, kadang pusing kepala kalau ingat istri waktu ninggalin saya, makanya saya bosen dirumah ingin jalan, tapi orang orang pada takut kalau lihat saya karena kaki saya dirantai, kadang diusir warga saya ya pergi, ini tadi rencananya ke Makam Gus Dur," katanya pada sejumlah awak media.

Ditanya kalau makan beli apa minta, pria itu mengaku kadang membantu orang di pasar untuk memanggul sayuran.

"Saya kadang disuruh orang untuk bantu mengangkat sayuran kadang dikasih 10 ribu, kadang saya ngamen.  Tapi giliran tau kaki saya di rantai orang pada lari, saya cuek aja, kada saya juga ngamen," papar pria tersebut.

Selanjutnya, ia mengatakan sering ke tukang las untuk minta tolong suruh melepaskan rantainya akan tetapi pada orangnya takut juga.

"Sering ke tukang las untuk tak mintain melepas rantai ini, tapi ngak berani malah bilang suruh orang tuamu kesini nanti tak lepaskan. kadang malah ngusir mungkin takut ya," imbuhnya.

Sementara, Kapolsek Jombang Kota, AKP Suparno, mengatakan bahwa awalnya dapat laporan dari Perangkat Kelurahan Sengon kalau ada orang dianggap gila dengan kaki dirantai.

"Saya bergegas ke Lokasi setelah ada laporan dari Kades kalau ada orang memakai sarung dengan kaki memakai rantai. Anggapan warga yang mengetahui tahanan kabur karena kondisi kaki pakai rantai. Serta perangkat kelurahan Sengon takut kalau yang merantai pria tersebut warganya," jelasnya.

Untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan Dinsos bersama Polisi mengamankan karena beranggapan pasien rumah sakit gila kabur.

"Setelah melihat kaki dengan kondisi dirantai serta baju kotor berasumsi pasien Griya Cinta Kasih Desa Sumber Mulyo lepas. Makanya tadi saya telpon katanya tidak ada pasien dengan kaki di rantai bahkan pasung," ungkapnya.

Saat ini, pria yang mengaku namanya Wawan dititipkan di Yayasan Griya Cinta Kasih (GCK) Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang atas referensi Dinas Sosial serta Polsek Jombang kota, guna perawatan dan pemulihan kejiwaan. dengan sigap pihak Yayasan GCK memotong rantai yang mengikat dikaki pria tersebut.

 

Reporter : Hariyanto
Editor : Ananda Putri
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Rombongan Pelajar Ponpes Ngunut Meninggal Dunia di Kawasan Pantai Sine Tulungagung

Komentar Anda